Ketua DPRD Provinsi Lampung Gelar Sosialisasi Perda Rembug Desa di Kecamatan Seputih Mataram

Bandar Lampung,Intailampung.com-Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay menggelar sosialisasi Peraturan Daera (Perda) Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pedoman Rembug Desa dan Kelurahan dalam Pencegahan Konflik di Provinsi Lampung di Kampung Varia Agung dan Kampung Trimulyo Mataram Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah, Jumat, 7 Agustus 2020.

Hadir dalam acara sosialisasi perda ini Ketua DPRD Kabupaten Lampung Tengah Sumarsono, Wayan Eka Mahendra anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah, Kepala Kampung, Tokoh Masyarakat, Rokoh Pemuda, serta undangan lainya.

Dalam paparanya, mingrum menjelaskan rembug desa dan kelurahan dilaksanakan dengan mengedepankan asas pengayoman, kemanusiaan, kekeluargaan serta kedayagunaan, kehasilgunaan, keterbukaan, keseimbangan, keserasian, keselarasan serta keamanan dan ketertiban.

Menurut Mingrum, Pedoman rembug desa dan kelurahan dilandasi bahwa masyarakat di Provinsi Lampung yang sangat heterogen dan majemuk terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan adat budaya masyarakat yang sering terjadi konflik sosial diantara desa dan kelurahan sehingga diperlukan upaya kewaspadaan dini serta kesiapsiagaan masyarakat mengatasi setiap potensi konflik yang timbul terhadap gangguan kemananan dan ketertiban masyarakat.

Baca Juga

Ditambahkan mingrum anggota fraksi PDI-Perjuangan DPRD Provinsi Lampung “Perda ini sebagai pedoman dalam menangani dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan tang timbul di masyarakat yang berpotensi menimbulkan konflik terbuka dibidang idiologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan serta keamanan (Ipoleksosbudhankam) yang penyelesaiannya dilakukan seraca beraama-sama antara unsur pemerintah desa, kelurahan, unsur pemerintah, stoke holder terkait dan unsur masyarakat”. Ungkapnya

Terkait pengawasan dan pengendalian rembug desa dan kelurahan dilakukan secara berjenjang sesuai dengan kewenangan, tugas dan tanggung jawab satuan kerja perangkat daerah Provinsi dan Kabupaten/kota yang membidangi urusan kesatuan bangsa dan politik daerah. Jelasnya mingrum dalam paparannya

Ucapan terima kasih disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Lampung Tengah Sumarsono atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi perda rembug desa dan kelurahan yang dilakukan Ketua DPRD Provinsi Lampung “Dengan adanya sosialisasi perda ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait permasalahan yang timbul di masyarakat serta potensi yang mungkin terjadinya ditengah masyarakat.

  Disdikbud Lampung Sebar Edaran Minta Sekolah Awasi Murid, Jangan Unjuk Rasa

Hal senada diungkapkan Kepala Kampung Varia Agung Kecamatan Seputih Mataram, Sudiayanto, “ucapan terimah kasih atas kehadiran Bapak Mingrum Gumay atas kehadiran dalam membuka dan memberikan wawasan terkait perda pedoman rembug desa dan kelurahan dalam pencegahan konflik di Provinsi Lampung. Ungkapnya.

Diahir acara kegiatan sosialisasi mingrum membagikan bantuan paket sembako kepada peserta sosialisasi. (Bom)

LAINNYA