Pemkot Metro Gelar Upacara HUT RI Ke-75 Dengan Prokes

Metro, INTAILAMPUNG.COM – Pemerintah Kota Metro menggelar upacara HUT RI ke-75 dengan ngedepankan protokol kesehatan.

Akibat dampak Pandemi Covid-19, Peringatan upacara yang digelar pada 17 Agustus 2020 dan dirayakan setiap tahunnya ini, diadakan di halaman Kantor Sekertariat Daerah Kota Metro secara sederhana dengan undangan yang dibatasi.

Wali Kota Metro Achmad Pairin, selaku inspektur upacara membacakan sambutan Gubernur Lampung yang mengatakan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 ini terasa berbeda.

“Momen bersejarah yang biasanya disambut penuh rasa bahagia kini terasa mengharu biru. Karena tahun ini di Indonesia khususnya Provinsi Lampung berjuang melawan pandemi,” ucapnya.

Pairin juga mengatakan, bencana ini membuat berbagai aktifitas nyaris berhenti, baik dibidang perekonomian maupun kehidupan bermasyarakat. Namun demikian tidak lantas  membuat semua berkecil hati dan patah semangat. Semua aktifitas yang biasa dilakukan dengan adaptasi kebiasaan baru atau New Normal.

“Sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo pada Pidato bahwa, inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar. Strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan,” katanya.

Ketika krisis kesehatan tersebut berdampak pada perekonomian nasional, semua segenap masyarakat juga harus cepat bergerak, antara lain memberikan bantuan sosial bagi masyarakat melalui bantuan sembako, bansos tunai, subsidi dan membantu UMKM untuk memperoleh restrukturisasi kredit.

“Jangan sia-siakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran. Justru momentum krisis ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan pola pikir dan etos kerja kita harus berubah. Fleksibilitas, kecepatan, dan ketepatan sangat dibutuhkan. Efisiensi, kolaborasi, dan penggunaan teknologi harus diprioritaskan. Kedisiplinan nasional dan produktivitas nasional harus ditingkatkan,” paparnya.

  DPRD Kota Metro Dukung Pemkot Atasi Banjir

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kota Metro mengatakan, pada situasi kali ini kita melakukan Upacara di halaman walaupun dengan kesederhanaan dan meminimalisir adanya perkumpulan namun kita tetap tidak menghilangkan makna perjuangan.

“Karena situasi yang saat ini sedang pandemi covid-19, kita melaksanakan upacara di halaman Pemda. Walaupun dengan kesederhanaan dan meminimalisir adanya perkumpulan kita juga tetap mengenang perjuangan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia” tutupnya. (wan/intai).

Baca Juga

LAINNYA