BPOM Terbitkan Izin Vaksin Sinovac Covid-19, Reihana : Masyarakat Jangan Khawatir, Vaksin Halal MUI

 

Bandar Lampung, Intailampung.com– Akhirnya izin penggunaan vaksin atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin sinovac Covid-19 resmi dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Senin (11/1/2021)

“Alhamdulillah sore ini telah keluar EUA untuk vaksin covid-19 dari BPOM, jam sekitar pukul 15;00 WIB sampai pukul 16:00 WIB,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana melalui WhatsApp Grup (WAG) resmi Covid-19 Dinas setempat

Izin penggunaan vaksin sinovac Covid-19 ini berdasarkan nomor izin EUA 2057300 143 A1. Setelah itu vaksin ini akan segera dilaksanakan. “Akan segera dilaksanakan yaitu untuk pada 13 Januari 2021 vaksin perdana Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo serta beberapa Kementerian lembaga. Kita akan menyaksikan vaksinasi secara virtual,” jelasnya

Baca Juga

Selanjutnya, setelah dilakukan di Pemerintah pusat, pada 14 Januari 2021 akan dilaksanakan vaksinasi di provinsi Lampung yang terdiri dari pejabat yang sudah ditentukan dari pusat.

Untuk tempat pelaksanaan, provinsi Lampung telah menyiapkan Rumah Sakit Pemerintah provinsi Lampung, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM).

“Kenapa kita lakukan di rumah sakit, tadi pak menteri mengatakan bahwa agar menjadi motivasi kepada para nakes jika melihat pejabat-pejabatnya sedang makukan vaksinasi,” ujarnya

Selanjutnya kami juga akan mendistribusikan vaksin-vaksin yang ada di gudang Dinkes provinsi Lampung ke beberapa kabupaten/kota yang ada di provinsi Lampung .

Untuk tahap awal vaksin akan diberikan kepada tenaga kesehatan yang memang bekerja di garda terdepan baik pemerintah maupun swasta.

Kemudian tahap kedua kita akan memberikan kepada pelaku pelayanan publik yaitu TNI dan polri beberapa pelayanan publik lainnya seperti guru penjaga rel pintu kereta api dan juga lansia.

Lalu tahap ketiga nanti kita akan lakukan vaksinasi kepada masyarakat rentan dengan secara geospasial, sosial juga bilaneal.

  Sosper Pedoman Rembug Desa, Sahlan Syukur: Ciptakan Musyawarah yang Demokrasi

Selanjutnya tahap terakhir nanti akan memberikan vaksinasi kepada pelaku ekonomi esensial dan juga kepada masyarakat lainnya.

“Kepada masyarakat tidak perlu khawatir dan tidak perlu diragukan. Saat ini vaksin sinovac ini sudah ada nomor EUA resmi dari BP dan sudah dinyatakan halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI),” imbuhnya (Bong)

LAINNYA