Komisi II Minta Pemkot Metro Serius dalam Menangani Sampah di Hutan Linara

INTAILAMPUNG.COM – Komisi II DPRD Kota Metro minta Pemrintah Kota Metro lebih serius dalam memperhatikan persoalan sampah. Khususnya sampah yang menumpuk di seputaran Hutan Linara Kelurahan Tejoagung.

Anggota Komisi III DPRD Kota Metro Didik Isnanto, mengatakan perlu koordinasi antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta pihak Kelurahan Tejoagung.

“Untuk mengatasi persoalan sampah ini dibutuhkan koordinasi antara pihak terkait, terutama dari DLH,” jelanya, saat di ruang kerjanya. Senin, (24/05/2021).

Pemerintah, kata Didik Iswanto, harus lebih serius dalam menanggapi aspirasi masyarakat khususnya masalah persoalan sampah yang ada di Hutan Kota itu dapat terselesaikan.

Dia menambahkan, memang peranan Hutan Kota sangat penting dalam menjaga ekosistem lingkungan. Selain masyarakat harus menjaganya, pemerintah juga harus bisa memberikan contoh dan mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Prinsipnya itu lebih baik mencegah daripada mengobati, nanti akan kita kroscek seperti apa kondisi dilapangkan. Akan kita luruskan supaya masalah serupa tidak terulang lagi,” tambahnya.

Sementara untuk masyarakat, lanjutnya, yang kedapatan masih membuang sampah di seputaran Hutan Linara akan dikenakan sanksi yang sepadan supaya nanti ada efek jera.

“Kami akan panggil Satpol-PP untuk menindak warga yang membuang sampah sembarangan. Bagaimanapun itu adalah hutan yang dimiliki Kota Metro untuk bisa dilestarikan dan dijaga bersama,” kata dia.

Dia menjelaskan, jika di kawasan Hutan Linara sudah bersih dan terbebas dari sampah, lokasi itu dapat dijadikan lagi sebagai tempat wisata bagi masyarakat Kota Metro. Dimana kelestarian hutan masih terjaga serta sarana pariwisata juga terpenuhi.

“Semua kembali lagi ke masyarakat sendiri, kalau bicara Hutan Linara sebagai tempat wisata. Pemerintah akan mensupport selama itu bisa di manfaatkan untuk masyarakat. Terlebih lagi untuk kebersihan menjadi tanggung jawab bersama,” tandasnya. (wan/intai)

Baca Juga

LAINNYA