RSUD Demang Sepulau Raya Hanya Melayani Pasien Khusus Covid-19

*Pasien Umum Dioper Alihkan ke RS Swasta*

INTAILAMPUNG.COM – Melonjaknya kasus Covid-19 menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng).

Untuk mengantisipasi peningkatan pasien Covid-19, Pemkab Lamteng melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan menjadikan Rumah Sakit Umum Daerah Demang Sepulau Raya (RSUD-DSR) sebagai RS rujukan khusus bagi pasien Covid-19.

“Sesuai petunjuk dan perintah Pak Bupati RSUD Demang Sepulau Raya total akan di pakai sebagai rumah sakit Covid-19. Hari ini ada sekitar 80 an tempat tidur yang sudah siap. Nanti kalau sudah 100 persen bisa sampai 150 an tempat tidur sebagai ruang isolasi Covid-19,” tutur dr. Otniel Sriwidiatmoko, Kepala Dinas Kesehatan Lamteng saat dijumpai di ruang kerjanya, Selasa (6/07).

“Jadi untuk pasien umum, kita oper alihkan ke RS Swasta, di RSUD Demang khusus untuk pasien Covid-19,” imbuhnya.

Kata Otniel, penetapan rumah sakit Demang sebagai rumah sakit isolasi Covid-19 akan segara dilakukan dan tinggal menunggu SK, sembari mempersiapkan ruang isolasi Covid-19.

“Karena mempersiapkan ruangan butuh waktu, paling lambat seminggu kedepan Insaalloh sudah mulai ditetapkan. Dan hari ini kita sudah tutup tidak melayani pasien-pasien umum. Untuk pasien umum kita sudah koordinasikan dengan rumah sakit swasta lain untuk supaya menindak lanjuti dan supaya melayani masyarakat,” terangnya.

Dinkes Lamteng juga telah mendorong delapan rumah sakit swasta di Kabupaten Lamteng untuk menyiapkan ruang isolasi minimal 25 persen sesuai aturan Surat Edaran Bupati dan Gubernur Lampung.

Antisipasi lainnya, jika terjadi penumpukan pasien, kita siapkan Balai Diktat Kota Gajah yang memiliki 132 tempat tidur, kita jadikan ruang isolasi, kalau benar-benar rumah sakit tidak bisa lagi menampung pasien Covid-19.

Terkait Oksigen, Dinkes Lamteng bersama Bupati Lamteng kemarin, telah mengundang para vendor penyedia Oksigen, ada penyedia besar dan mereka menjamin bahwa kebutuhan oksigen di RS Demang dan RS swasta lainya Insaalloh cukup.

  Diduga Aniaya Satpam, Oknum Wartawan di Tangkap Polsek Punggur, Bawa Sajam dan Airsoft Gun

“Kebutuhan tabung oksigen estimasinya bisa 400-600 tabung perhari untuk RS Demang sendiri jika itu kondisinya full dipakai. Untuk RS lain kurang lebih sama,” ungkapnya. (intai)

Baca Juga

LAINNYA