Pelayanan Samsat Gunungsugih Mudah dan Cepat

INTAILAMPUNG.COM – Pelayanan Samsat Gunungsugih, Lampung Tengah mudah dan cepat. Setiap wajib pajak hanya butuk waktu 10 menit untuk proses pengesahan pajak kendaraan selesai.

Kanit Regiden IPTU Sulkhan S.H mewakili Kasat Lantas Polres Lamteng AKP Ikhwan Syukri, SH, S.Ik, mengatakan, bahwa pelayanan mudah dan cepat ini, didukung dengan petugas loket yang sudah berpengalaman.

“Siapa bilang bayar pajak kendaraan di Samsat Gunungsugih, lama. Hanya butuh waktu 10 menit proses pengesahan pajak kendaraan selesai,” ucapnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (25/11).

Sulkhan menjelaskan, bahwa sebelum wajib pajak memasuki kantor samsat, prosedur yang harus dilakukan adalah mengembil antrian dan penerapan Protokol Kesehatan, yakni dengan memakai masker, mencuci tangan, cek suhu, mengunakan hand sanitizer. Dan mengunakan sistem aplikasi Peduli lindungi.

Setelah ini selesai, lanjut kata Sulkhan, wajib pajak kemudian menyetorkan berkas yang sebelumnya sudah di foto copy, diantaranya STNK, BPKB, dan KTP, ke loket I pendaftaran.

Kata dia, dari pendaftaran loket I akan langsung di registrasi di entri dalam komputer. Selanjutnya, ke loket III Dispenda entri pembayaran, kemudian membayar ke Bank Lampung loket IV. Dan kemudian tinggal menunggu proses cetak pengesahan STNK jadi, tunggu di loket V. “Ini kalau untuk pengesahan tahunan,” jelasnya.

Kalau untuk ganti plat kendaraan, tambahnya, prosesnya pendaftaran ke loket I diregistrasi, kemudian ke loket II Bank BRI membayar pengesahan ganti plat kendaraan dan STNK, berlanjut ke loket III Dispenda enteri pembayaran pajak kendaraan, selanjutnya ke loket IV Bank Lampung membayar pajak kendaraan, cetak STNK, ke loket V tunggu dipangil, selesai.

“Di Samsat Gunungsugih juga tersedia fasilitas ruang Ibu menyusui bagi orang tua yang membawa anak balita. Kemudian, juga ada Pojok Baca, ini kita sedian untuk para wajib pajak yang ingin membaca sambil menunggu proses pengesahan pajak kendaraannya selesai,” terangnya.

  LSM Mabes Kecam Infrastruktur Jalan Lamteng Tak Pernah Mulus 

Sementara, salah satu wajib pajak Azam yang mengaku berdomisili di Gayabaru, Lamteng, saat di konfirmasi mengatakan, bahwa selama proses pajak kendaraan dirinya tidak merasa kesulitan dan mengaku prosesnya sangat mudah dan cepat.

“Menurut saya pelayanan di Samsat Gunungsugih ini sudah bagus. Karena pelayanannya cepat juga baik dari pihak samsat sendiri. Cukup memuaskan lah,” ucapnya. (intai)

Baca Juga

LAINNYA