Cegah Stunting TP PKK Baru Ranji Bersama Pemdes Laksanakan PMT ke Sejumlah TK

INTAILAMPUNG.COM – Puluhan anak TK di Desa Baru Ranji, Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan nampak senang dan gembira, mendapat makanan tambahan berupa susu, roti, bubur kacang dan snack, Sabtu, (17/12/2022).

Pemberian makanan tambahan (PMT), digagas Tim Penggerak (TP) PKK beserta kader, mereka berkolaborasi dengan Pemdes setempat secara road show menyambangi TK Mutiara, TK Azzahra, TK Ibnu Sanid, dan TK RA Nurul Falah.

Kedatangan rombongan disambut antusias anak-anak. Secara bergantian dan tertib mereka menerima PMT yang langsung diserahkan oleh Kepala Desa Baru Ranji, Misnandri dan Ketua TP PKK Baru Ranji, Umikulsum.

Baca Juga

Menurut Umikulsum, pelaksanaan PMT itu merupakan wujud dan bagian tak terpisahkan dari program TP PKK dan Pemdes Baru Ranji.

Tujuan diadakannya PMT adalah program intervensi bagi anak untuk meningkatkan status gizi anak serta untuk mencukupi kebutuhan zat gizi anak agar tercapainya status gizi dan kondisi gizi yang baik sesuai dengan umur anak tersebut.

“Mulai dari Paud, TK hingga SD bertujuan agar tumbuh kembang anak baik dan terhindar dari stunting,” tuturnya.

Dikatakanya, selain menghambat pertumbuhan fisik, stunting juga dapat menghambat kecerdasan anak. Kondisi demikian akan berakibat buruk bagi masa depan buah hati. Ia juga menegaskan, stunting menjadi pekerjaan yang harus dituntaskan oleh semua pihak.

“Salah satu upaya mencegah stunting yaitu mengonsumsi sumber protein, terutama ikan. Ikan mengandung omega 3 yang baik bagi pertumbuhan anak dan kecerdasannya, dan tak lupa makanan tambahan yang kaya akan gizi,” jelasnya.

Menurut dia, dengan diberikan asupan makanan tambahan gizi, anak-anak akan menjadi lebih baik ketika melalui proses tumbuh kembang.

Pihaknya juga menaruh harapan besar, kepada semua pihak tak hanya pemdes, agar rutin melakukan PMT kepada anak-anak yang ada di desa Baru Ranji.

  Aksi Jumat Bersih, Seluruh Aparatur Desa Tanjung Baru Turun Ke Jalan

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini jangan sampai terjadi kasus gizi buruk kepada anak-anak di Baru Ranji. Kami ingin anak-anak tumbuh sehat dan berkembang sesuai tahapan pertumbuhannya,” tukasnya.

Kedepannya, Umikulsum ingin mengintensifkan dan mensinergikan kerjasama dan kordinasi yang baik antara TP PKK dengan Pemdes dan semua pihak dalam mendukung program pemerintah untuk mencegah terjadinya kasus gizi buruk ataupun stunting di Baru Ranji.

“Makanan anak prasekolah harus mendapat perhatian mengingat masih dalam masa tumbuh kembang, maka keseimbangan gizinya harus disetujui tetap sehat. Oleh karena itu, pola pemberian makanan sangat penting untuk diperhatikan,” ujarnya mengakhiri.(*)

Laporan: Valentina Gasela
Editor: Ibrahim Hayat

LAINNYA