Warga Talang Ulu Ramai Ramai Sambangi Rumah Ibu Saeni, Ini Yang Dilakukan

INTAILAMPUNG.COM – Sejak hari Minggu (25/12/2022) kemarin, sejumlah warga melaksanakan gotong royong membongkar rumah milik Ibu Saeni (50) di RT 02, Dusun Talang Ulu, Desa Tanjung Baru, Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan.

Pembongkaran tersebut dilakukan karena kondisi sudah tidak layak huni. Selain itu keberadaan bangunan yang menumpang dilahan milik orang lain, sementara lahan itu akan segera dipergunakan oleh pemiliknya.

Rencananya di lokasi berbeda warga juga akan kembali membangun rumah secara swadaya dengan bergotong-royong

“Sejak kemarin rumah awal milik Ibu Saeni dibongkar warga secara gotong royong. Selanjutnya materil yang masih bisa terpakai akan digunakan untuk membangun rumah ditempat yang baru,” ungkap Kepala Dusun Talang Ulu, Komarudin, kepada intailampung.com, Senin, (26/12/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, aparatur desa bersama warga dan relawan membantu secara swadaya keluarga Saeni yang kehidupannya tergolong keluarga pra sejahtera dengan kondisi rumah sangat memprihatinkan.

Terlihat kondisi atap banyak yang bocor dengan lantai tanah, ditambah dinding dari anyaman bambu yang mulai rapuh sudah tak layak pakai.

“Memang kondisi Ibu Saeni masuk dalam kriteria keluarga pra sejahtera, bahkan merupakan KPM BLT Kemiskinan Ekstrem untuk tahun 2023 mendatang,” tuturnya.

Komarudin menyebut pembongkaran dan perbaikan itu tak lain atas inisiatif warga untuk meringankan dan membantu warga lainya.

“Kemarin Pak Kades juga datang saat gotong royong dan memberikan bantuan kepada Ibu Saeni. Dan Alhamdulillah warga lainnya juga banyak yang secara sukarela membantu, selain tenaga bahkan ada yang siap membantu kekurangan material untuk membangun rumah yang baru,” pungkasnya.

Pihaknya pun berinisiatif akan kembali menggerakkan warga untuk bergotong royong membangun rumah Saeni hari minggu mendatang.

“Sudah kita koordinasikan dengan Kepala Desa, dan beliau mendukung warga melakukan gotong royong membangun rumah Ibu Saeni pada program Tanjung Baru Bersama minggu depan,” urainya.

  Pemdes Tanjung Baru Gelar Rakor dan Evaluasi Peningkatan Kinerja

“Sementara ini sebelum rumahnya dirampungkan, Ibu Saeni tinggal dirumah salah seorang keluarganya, dan kita berharap pembangunan rumah bisa selesai secepatnya, agar Ibu Saeni bisa segera menempati rumah yang baru,” timpalnya.

Sementara itu, Ibu Saeni mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada bapak Kepala Desa dan warga yang sudah membantu.

Ia mengaku keluarganya sudah cukup lama tinggal di rumah tersebut, dengan dipindahkan dan diperbaikinya rumah, ia berharap dapat merasakan kehidupan yang lebih baik untuk keluarganya.(*)

Laporan : Rahmat Adi W
Editor : Ibrahim Hayat

LAINNYA