Sosialisasikan Empat Pilar, Dedi Yuginta Ajak Warga Amalkan Pancasila

INTAILAMPUNG.COM – Ratusan warga dari Kecamatan Tanjungkarang Barat, Tanjungkarang Timur, Tanjungkarang Pusat, dan Enggal menjadi sasaran sosialiasi empat pilar yang dilakukan Ketua Komisi III DPRD Bandar Lampung, Dedi Yuginta.

Dalam sosialisasi yang digelar Dedi Yuginta di dapilnya kali ini dihadiri oleh Ir Tunas Budi Lukito dan Suhaili, SH sebagai narasumber.

Sosialisasi pembinaan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan (IPWK) dikhususkan kepada para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan para orang tua. Bertempat di Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Tanjung Karang Timur, Jumat (17/03/2023).

Baca Juga

Dedi Yuginta mengatakan, dirinya sengaja menyasar para tokoh dan orang tua agar dapat meneruskan secara berjenjang kepada warga dilingkungan masing-masing, bahkan lingkup terkecil keluarga termasuk anak-anaknya.

“Hari ini kita sosialisasi 4 pilar di Kota Baru, sasarannya lebih banyak kepada tokoh dan orang tua agar dapat memberikan pemahaman kepada warga dilingkungan dan anak-anaknya tentang 4 pilar ini,” ujar Dedi Yuginta.

Pendidikan dan pemahaman pancasila juga wajib diketahui semua kalangan. Pihaknya memulai dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat lewat sosialisasi empat pilar.

“Karenanya hari ini kita juga mensosialisasikan pendidikan Pancasila, sejarah Pancasila, Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai ideologi bangsa, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai sistem etika, dan Pancasila sebagai dasar nilai pengemban ilmu,” bebernya.

Lewat sosialisasi ini diharapkan para tokoh dan orang tua dapat ikut memberikan pemahaman dilingkunganya tentang pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan paham terhadap Bhinneka Tunggal Ika sebagai satu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan bersatu.

“Lewat sosialisasi 4 pilar ini kita mau memberikan pemahaman kepada masyarakat, para orang tua, dan pemuda bahwa Pancasila ini sebuah komitmen yang sudah disepakati oleh para pendiri negara ini,” tutur wakil rakyat Fraksi PDIP ini.

  Kartini dr ZAM Optimis IKE-Zam, Ikut Kontestasi Pilwakot 2020

Semua kalangan, lanjut dia, harus paham bahwa pengamalan empat pilar kebangsaan ini untuk mencegah masalah disintegrasi bangsa.

“Pertama kita harus melihat bahwa pancasila itu sudah menjadi suatu komitmen bersama, sudah menjadi kesepakatan kita semua, bahwa negara NKRI dan kita ini masyarakat yang beragam Bhineka Tunggal Ika, itu sudah jadi kesepakatan,” tutupnya.(*)

Laporan/Editor: Ibrahim Hayat

LAINNYA