Hari Pertama Sekolah, Emak-Emak Antar Anak Sekolah

INTAILAMPUNG.COM – Hari pertama masuk sekolah biasanya diisi dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau (MPLS) yang dilaksanakan di seluruh jenjang pendidikan.

MPLS merupakan momentum untuk mengenal lingkungan baru, kebiasaan baru, juga budaya baru di sekolah.

MPLS peserta didik baru Bandar Lampung 2023 dimulai hari ini, Senin (17/7/2023). Pantauan intailampung.com di SMPN 41 Bandar Lampung, siswa sudah mulai berkumpul pukul 06.00 WIB di depan sekolah.

Daryanto Hery, S.Pd, Kepala SMPN 41 Bandar Lampung menyatakan kegiatan MPLS dimulai pukul 06.30 WIB dengan upacara penerimaan dan dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan bersama wali kelas masing-masing.

Baca Juga

Tak hanya itu, para orang tua murid yang didominasi emak-enak juga ikut menghadiri prosesi upacara penerimaan dengan mendampingi di selasar sekolah.

Pada hari pertama sekolah di SMPN 41 Bandar Lampung, memang memperbolehkan orang tua untuk mengantar siswa dan melakukan proses lapor diri lanjutan.

Proses ini, mengharuskan orang tua siswa menyerahkan berkas lanjutan seperti dokumen lapor diri dan fotokopi akte kelahiran dan kartu keluarga. Pihak sekolah memperbolehkan orang tua mendampingi anak-anaknya hingga upacara penerimaan selesai.

Setelah itu, orang tua dipersilahkan untuk pulang ke rumah masing-masing dan diperbolehkan untuk menjemput siswa ketika pulang sekolah.

Hal serupa juga terlihat di SDN 1 dan SDN 2 Way Lunik, sejumlah orang tua tampak memenuhi jalan di depan sekolah menunggu anaknya pulang sekolah. Mereka memperhatikan anaknya yang ikut upacara lewat gerbang sekolah.

Sedangkan pantauan di SMAN 6 Bandar Lampung, tidak terlihat orang tua mengantarkan anaknya di hari pertama sekolah.

Para orang tua sepertinya sudah mempercayakan sepenuhnya kepada pihak sekolah mengingat anaknya yang memang mulai beranjak dewasa.

Untuk diketahui, di SMAN 6 Bandar Lampung di tahun 2023 sebanyak 274 siswa baru di terima sekolah, para siswa itu sendiri dibagi dalam 8 rombongan belajar (Rombel).

  13 Desa di Kecamatan Simpang Pematang Lakukan Penyemprotan Disinfektan Serentak

“Mereka hari ini mulai dibagi kelasnya dan langsung mengikuti pelajaran,” jelas Kepala SMA N 6, Ida Royani, M.Pd.(*)

Laporan/Editor: Ibrahim Hayat.

LAINNYA