Berbagai Lomba di Kecamatan Merbau Mataram Meriahkan HUT RI Ke-78

INTAILAMPUNG.COM – Menyambut Hari Ulang Tahun (Hut) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-78 tahun 2023, Pemerintahan Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan menggelar gladiresik di lapangan Merbau Mataram, Rabu (16/08/2023) petang.

Acara dihadiri Camat Merbau Mataram, Heri Purnomo, S.KM, Aparatur Kecamatan, Kepala Desa Se-Kecamatan Merbau Mataram, pelajar, elemen masyarakat serta organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan yang ada di Kecamatan Merbau Mataram.

Dalam acara itu Heri Purnomo bertindak sebagai pembina upacara, sedangkan untuk pemimpin upacara dan pengibaran hinga penurunan bendera dilakukan Tim Paskibra dari pelajar SMA dan SMK di wilayah Merbau Mataram.

Baca Juga

Dikesempatan itu, dirinya juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi memperingati hari kemerdekan RI.

“Upacara besok (17 Agustus-Red) untuk menghormati jasa para pahlawan yang sudah mengorbankan jiwa dan raganya demi merebut kemerdekaan negara Republik Indonesia,” ujarnya.

“Berkat jasa para pahlawan, kita bisa merasakan kebebasan yang saat ini kita rasakan. Sebegai generasi bangsa,kita harus bisa berkontribusi untuk melakukan perbaikan dan membangun negara yang lebih baik lagi,” imbuhnya.

Dikatakanya, secara khusus dirinya sangat mengharapkan masyarakat untuk mengikuti upacara HUT RI ke 77 dari penaikan sampai kepenurunan bendera.

“Tentunya dengan momen yang sakral ini, kita bisa merenungi perjuangan Pahlawan dan Rakyat Indonesia. Seperti harapan kita semua, kita bisa menata dan kita bisa bangkit untuk Indonesia yang lebih maju,” tuturnya.

Gelar Berbagai Lomba

Ditemui usai gladiresik, Heri Purnomo menginformasikan untuk memeriahkan HUT RI ke 78 pihaknya menggelar berbagai perlombaan untuk masyarakat, UPT, Pemdes dan pelajar.

Ia memaparkan lomba yang diadakan diantaranya, lomba menggambar untuk siswa SD, lomba membaca puisi untuk siswa SMP, gerak jalan untuk seluruh tingkatan pendidikan, lomba tumpeng, dan juga karnaval.

  TDM Salurkan Bantuan Untuk Korban Tsunami di Kalianda

Adapun berbagai perlombaan dimulai sejak Senin, 14 Agustus 2023 lalu dan akan berakhir di hari pamungkas, Kamis 17 Agustus 2023.

Lebih lanjut, Heri Purnomo menyebut indikator umum penilaian lomba adalah kerapian dan kesesuaian tema.

“Indikatornya umum ya, seperti kerapian dan kesesuaian tema,” tukasnya.

Sementara, untuk tim penilaian berasal dari berbagai pihak, yakni guru-guru, tim penilai Kecamatan, Puskesmas Merbau Mataram, dan UPT Pertanian.

Kemudian, kata Heri Purnomo, pemenang akan diumumkan pada HUT ke-78 RI, yakni pada tanggal 17 Agustus 2023.

“Pemenangnya diumumkan besok pada 17 Agustus (2023),” tutupnya.(*)

Laporan/Editor: Ibrahim Hayat.

LAINNYA