Pj Bupati Tulang Bawang Qudrotul Ikhwan.,MM Ikut Merayakan Hari Ulang Tahun Ke-24

INTAILAMPUNG.COM, Tulang Bawang- Penjabat Bupati Tulang bapak Drs Qudrotul Ikhwan.,MM menghadiri acara Tasyakuran Hari Ulang Tahun ke-24 Dharma Wanita Persatuan Tahun 2023. Kegiatan yang di selenggarakan di Ruang Rapat Utama( RRU ) lantai 2 Setdakab Tulang Bawang Kamis, (21/12/2023) dengan tema _”Peran strategis Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan”_ .

Sejarah terbentuknya Dharma Wanita berawal pada 5 Agustus 1974 di masa Orde Baru. Dharma Wanita didirikan oleh Ketua Dewan Pembina KORPRI, Amir Machmud yang diprakarsai oleh Ibu Tien Soeharto selaku Ibu Negara. Saat itu, Dharma Wanita beranggotakan para istri Pegawai Republik Indonesia, Anggota ABRI yang dikaryakan dan Pegawai BUMN.

Pada masa Reformasi, Dharma Wanita melakukan perubahan dasar di mana tidak ada lagi muatan politik dari pemerintah dalam organisasi tersebut. Dharma Wanita berubah menjadi organisasi sosial kemasyarakatan yang netral dari politik.

Baca Juga

Nama Dharma Wanita kemudian diubah menjadi Dharma Wanita Persatuan. Penambahan kata Persatuan tersebut disesuaikan dengan nama kabinet Persatuan Nasional yang dipimpin oleh Presiden Abdurrahman Wahid. Penambahan kata Persatuan juga merubah organisasi menjadi lebih mandiri dan demokrasi.

Pada 6-7 Desember 1999, Dharma Wanita melakukan Munas Luar Biasa (Munaslub) yang mengesahkan seluruh Rancangan Anggaran Dasar sekaligus menetapkan Ny. Dr. Nila F. Moeloek sebagai Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan.

Hari Dharma Wanita kemudian ditetapkan sebagai hari peringatan nasional dan diperingati setiap 5 Agustus yang didasarkan pada tanggal pembentukan Dharma Wanita.

Dalam sambutannya ketua DWP Tulang Bawang Ibu Feby Ferly Yuledi mengucapkan “Selamat datang Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan hingga DWP Tuba terus aktif dan berkembang.

Beliau juga mengajak seluruh Anggota DWP Tulang Bawang dan seluruh organisasi wanita di lingkup Pemkab Tulang Bawang untuk terus bersinergi dan bekerjasama dengan sebaik-baiknya sehingga mampu memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan Kabupaten Tulang Bawang.

  Bupati Winarti Serahkan Satu Ekor Sapi dan Daging Kurban Langsung Pada Warga

Penasehat Dharma wanita Tulang Bawang, Ibu Herlina wati Qudrotul SH juga mengatakan “Bahwa tujuan DWP adalah meningkatkan kualitas sumber daya anggota keluarga PNS untuk mencapai kesejahteraan nasional .
Selain itu beliau menyampaikan bahwa DWP Tulang Bawang harus terus meningkatkan kualitas dan sinergitas sehingga mampu memberikan kontribusi pada kemajuan Tulang Bawang dan mewujudkan Kabupaten Tulang Bawang sebagai Kabupaten Udang Manis ( Unggul Damai Aman Nyaman Guyup Mandiri Agamis Natural Inovatif dan Sejahtera).

Pj Bupati Tulang Bawang Bapak Qudrotul Ikhwan.,MM dalam kesempatan ini juga menegaskan jika Dharma wanita wajib diikuti oleh istri dari PNS, Dharma Wanita Tuba harus bisa menjadi yang terbaik di Provinsi Lampung.

“Menjadi anggota Dharma Wanita Persatuan ( DWP) hukumnya wajib bagi istri PNS. Dharma Wanita Persatuan memiliki peranan penting yang akan menunjang kesuksesan Dan kemajuan Pemerintahan”, Jelas bapak Qudrotul Ikhwan.

“Perempuan Tulang Bawang kini makin membuktikan kapasitas nya dengan Anugerah Parahita Ekapraya yang diraih beberapa hari yang lalu. Ini Bukti bahwa Perempuan Tulang Bawang Unggul”, Lanjut Pj Bupati peraih 3 penghargaan Internasional ini.

“Selanjutnya saya ingin Ibu – ibu memantau keseharian anak, suami dan keluarga. Jaga agar keluarga kita terhindar dari bahaya narkoba dan Hal – hal lain yang melanggar Undang-Undang. Saya menginginkan generasi penerus Tulang Bawang menjadi generasi hebat yang kreatif dan inovatif dan memenangkan era bonus demografi”, Bapak Qudrotul Ikhwan menambahkan.

Dalam kesempatan ini Penjabat Bupati Tulang bapak Drs Qudrotul Ikhwan MM didampingi oleh Penasehat Dharma Wanita persatuan Kabupaten Tulang Bawang Ibu Herlinawati Qudrotul SH dan Ketua DWP Tulang Bawang, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang serta jajaran pengurus DWP Kabupaten Tulang Bawang. (Swi/Red)

LAINNYA