Harga Sejumlah Komoditi dan Bahan Pokok di Lamsel Naik

Lampung Selatan, Intailampung.com – Harga cabai merah dan rawit di beberapa kecamatan di Lampung Selatan, melonjak. Terpantau harga cabai merah di pasar tradisional mencapai Rp40 ribu/kg sedangkan cabai rawit Rp44 ribu/kg.

Pekan lalu, di beberapa pasar tradisional harga cabai merah hanya Rp33 ribu/kg sedangkan cabai rawit Rp34 ribu/kg.

“Kalau harga cabai lumayan tingggi naiknya,” kata Yusni (40) salah seorang pedagang di pasar Tanjungan, Kecamatan Katibung, Senin (15/1/2018).

Kenaikan harga cabai merah dan rawit sudah mulai merambat naik sejak penghujung tahun 2017 kemarin.dannbsp;”Mulai akhir bulan kemarin sudah mulai naik, sampai dengan sekarang,” ujarnya.

Hal senada diungkap Marni (39) pedagang di pasar Sidomulyo, jika kenaikan harga juga dialami bawang merah dan putih. Saat ini harga bawang merah Rp18 ribu/kg dan bawang putih Rp18 ribu/kg. “Kalau bawang merah dan putih hanya naik seribu rupiah perkilonya,” kata dia.

Di perkirakan harga cabai merah dan rawit akan terus naik, seiring dengan berkurangnya pasokan dari petani lokal.”Pasokan dari sini sudah mulai berkurang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Unit Dinas Perdagangan dan Pasar Kecamatan Sidomulyo, Agus Syahroni menjelaskan kenaikan dan turunnya harga tergantung dengan stok dan permintaan.

“Prisnip ekonomi, tingginya permintaan maka harga ikut naik, begitu juga sebaliknya,” kata dia.

Namun, beberapa komoditas pokok yang naik signifikan perlu di waspadai, karena tidak menutup kemungkinan permainan tengkulak.

“Hal ini bisa saja terjadi, maka kami terus monitor perkembangan harga, khususnya komoditas pangan,” kata dia.dannbsp;

Berdasarkan pantauan, kenaikan harga tidak hanya cabai dan bawang. Beberapa harga komoditas pangan yang alami kenaikan yakni beras, bawang merah dan bawang putih. Sedangkan wortel, tomat, Buncis, telur ayam ras. (intai).

  Organda Bakauheni Berlakukan Tuslah Angkutan Lebaran 2018

dannbsp;

Baca Juga

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *