Penyaluran Rastra di Sidomulyo Tidak Bermasalah

Beras Sejahtera (Rastra) di salah satu Kantor Desa.

Lampung Selatan, INTAILAMPUNG.COM danndash; Distribusi Beras Sejahtera (Rastra) di Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan disebut tidak bermasalah. Sedangkan, di 16 Kecamatan lainnya, distribusi rastra diwarnai dengan adanya pungutan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bantuan Sosial dari Pemerintah Pusat berupa penyaluran beras jenis medium kepada masyarakat miskin, itu mulai digratiskan di tahun 2018. Setiap KPM yang termasuk dalam data sasaran penerima, berhak menerima 10 kilogram Rastra.

danldquo;Bila tahun lalu, KPM masih diminta untuk membayar atau menebus senilai Rp.1600,- perkilogramnya, maka tahun ini sudah tidak ada lagi pungutan semacam itu yang dilakukan oleh pihak Desa atau Kelurahan, baik dengan alasan dan dalih apapun,danrdquo; tegas Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Lampung Selatan, Maturidi Ismail, usai mengikuti penyampaian sosialisasi terkait evaluasi Dana Desa tahun 2018, di GSG Betik Hati, Kecamatan Sidomulyo, Rabu (28/02).

Baca Juga

Setelah disampaikannya sosialisasi tersebut, jika terdapat oknum yang masih melakukan pungutan kepada KPM pada saat penebusan rastra, diaku Maturidi, akan dijatuhi sanksi pemecatan dari jabatannya.

danldquo;Karena masalah ini nanti akan merembet ke tingkat atas. Mungkin Camat bahkan DPMDnya juga kena sanksi karena dinilai lalai tidak memberikan sosialisasi. Maka dari itu, jika terbukti ada oknum yang masih melakukan pungutan, lebih baik dipecat saja,danrdquo; paparnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Selata, Dul Kahar, menyampaikan, biaya yang ditimbulkan dalam penyaluran rastra ke masyarakat, dapat dialihkan dengan menggunakan dana desa.

danldquo;Karena diberikan tanggung jawab dari Negara bahwa rastra ini harus sampai pada titik terdekat dengan masyarakat yaitu di Desa. Setelah sampai di Desa, apabila dalam distribusinya menimbulkan biaya, silahkan boleh dianggarkan melalui ADD atau Dana Desa, misalkan ADDnya tidak mencukupi,danrdquo; pungkasnya. (Bram)

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *