Cemari Sumur, Warga Minta Pemkab Tutup Peternakan Sapi Haji Sony

Anggota DPRD Lampung Selatan, Dapil Kecamatan Jatiagung, Dra. Nur Hafifah saat meninjau lokasi peternakan sapi Haji Sony, Minggu (11/3/2018). (Foto: Bram)

Lampung Selatan, INTAILAMPUNG.COM danndash; Pengelolaan limbah peternakan sapi milik Haji Sony di Dusun Tegalega, Desa Karang Anyar, Kecamatan Jatiagung, meresahkan masyarakat setempat. Limbah berupa kotoran sapi tersebut bahkan dilaporkan sudah ikut mencemari sumur milik sejumlah warga.

Mengenai hal ini, masyarakat meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan mengambil langkah tegas untuk menutup usaha peternakan sapi itu.

danldquo;Kami sebagai warga disekitar area peternakan ini sudah jenuh, selain sumurnya tercemar, bau yang ditimbulkan dari pengolahan limbah ini sangat luar biasa,danrdquo; kata Sahri (42) disekitar lokasi pengelolaan limbah peternakan sapi Haji Sony, Dusun Tegalega, Desa Karang Anyar, Kecamatan Jatiagung, Minggu (11/3/2018).

Baca Juga

Peternakan sapi Haji Sony juga dikatakan tidak memberikan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat setempat.

danldquo;Dari dusun kami saja (Dusun Tegalega), hanya ada delapan orang yang bekerja di peternakan ini. Sistem pengupahannya juga dibawah UMR (Upah Minimun Regional) yaitu Rp.1,3juta perbulannya. Belum lagi kalau ada resiko pekerja yang sakit, tidak masuk satu hari, nanti gajinya dipotong Rp.50ribu,danrdquo; beber Suprapto (50).

Berdasarkan keluhan tersebut, Anggota DPRD Lampung Selatan, Daerah Pemilihan (Dapil) Jatiagung, Dra. Nur Hafifah, mengharapkan adanya tindakan tegas yang diberikan oleh Pemkab Lampung Selatan bagi perusahaan.

danldquo;Saya berharap agar pihak eksekutif dan legislatif dapat bersinergi untuk menuntaskan masalah yang besar ini. Karena seharusnya, dengan keberadaan perusahaan itu diharapkan dapat menimbulkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar, namun ini malah membuat masyarakatnya resah,danrdquo; jelas Nur Hafifah yang ikut meninjau langsung lokasi perusahaan.

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *