Miris, Kakek Zakaria Tinggal di Tumpukkan Sampah Selama 4 Tahun

Kondisi tempat tinggal Kakek Zakaria yang penuh dengan tumpukkan sampah.

Lampung Selatan, INTAILAMPUNG.COM – Gubuk dari tumpukan sampah di pelosok Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni itu adalah tempat tinggal Zakaria Umar. Karena memiliki masalah kejiwaan, pria lanjut usia itu terpaksa menghabiskan masa senjanya seorang diri.

Berada di areal perkebunan milik warga, keadaan tempat tinggal Kakek Zakaria sangat memprihatinkan. Selama empat tahun terakhir dirinya hidup dengan kondisi tersebut.

Tak banyak hal yang dapat disampaikan oleh Kakek asal Jember Jawa Timur ini. “Dulunya saya kesini (Lampung) tahun 1980 untuk merantau. Saya sempat berjualan jam tangan,” tuturnya, Rabu (16/5/2018).

Baca Juga

Kepala Desa Totoharjo, Imam Bukhori, menjelaskan, Kakek Zakaria perlu mendapat perhatian dari Pemerintah setempat. Terutama mengenai kondisi kejiwaannya.

“Dulu saat pertama datang kesini (tahun 1980), masih muda dan enerjik. Beliau juga sempat punya rumah di wilayah Totoharjo atas,” katanya.

Sebelumnya pengurus Desa bersama dengan warga sekitar, sudah berupaya untuk memberikan tempat tinggal yang layak bagi Kakek Zakaria.

“Sudah tiga kali kami buatkan gubuk, namun berakhir seperti ini (penuh dengan sampah),” terang Imam.

“Beliau juga sempat diajukan menerima bantuan dari Dinas Permukiman. Karena syarat untuk mendapatkan bantuan itu yakni harus memiliki lahan sendiri, jadi gagal,” imbuhnya memungkas.

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *