Irwanto Kini Bergelar Batin Perwira Kusuma 

PESAWARAN, INTAILAMPUNG.COMIrwanto cicit salah satu dari tiga pendiri Makhga Waylima H.M Rais, resmi bergelar Batin Perwira Kusuma.

Pengukuhan gelar dilakukan oleh pelopor Makhga Waylima Agus Bastian gelar Sultan Bandakh Makhga lV. Acara digelar di Desa Tempel Rejo Kecamatan Kedondong Pesawaran. Sabtu (7/12/2019).

Pengukuhan disaksikan Ketua Adat Ajang Saibatin H Firman Rusli, Gelar Paduka Minak Mangku Batin, Ketua Empal Muhadin Yusuf, Bupati Pesawaran H Dendi Ramadhona, gelar Pangeran Paksi Makhga, Kapolres Pesawaran atau yang mewakili, Danramil yang diwakil dan seluruh pengurus Adat Ajang Saibatin yang tersebar di 11 Kecamatan beserta masyarakat adat lainnya.

Usai dikukuhkan, dengan gelar Batin Perwira Kusuma. Irwanto menceritakan sejarah Makgha Waylima sejak didirikan oleh tiga orang pelopor, yakni, M.Apandi, H.M Rais dan M Thoib, dari para pendiri tersebut, telah dikeluarkan satu keputusan melalui Surat Keputusan (SK), bersama yang dikeluarkan pertama kali sejak tahun 1928 kepada Dalom Penata Neghri, Ke Dua, dikeluarkan pada tahun 1930 kepada Dalom Bangsa Khatu, ke Tiga dikeluarkan tahun 1936 kepada Dalom Kesuma Bangsawan, ke Empat tahun 1936 kepada Dalom Paksi Makhga, ke Lima tahun 1948 kepada Batin Sempurna Jaya, ke Enam tahun 1956 kepada Batin Dalom Cahya dan seterusnya.

Berdasarkan keluarnya SK dari ke-Sebatinan yang dikeluarkan oleh pendiri Makhga Waylima sebelum indonesia merdeka tersebut, secara otomatis turun ke masing – masing garis keturunan tiga pelopor pendiri Makhga Waylima.

Batin Perwira Kusuma yang biasa di panggil dengan sapaan akrabnya Iwan Kentung ini menjelaskan, satu persatu sejarah keturunan dari Tiga sosok yang dituai sebagai pendiri di Makhga Waylima. Salah satu generasi penerus dari M.Apandi, yaitu H.Firman Rusli sebagai cucu dari garis keturunannya yang bergelar Paduka Minak Mangku Batin. dari M Thoib sendiri, Aytomi sebagai cucu yang bergelar Dalom Maulana Ratu. Sedangkan keturunan dari H.M Rais, yaitu, Ia sendiri yang merupakan Gekhinung (cicit) yang baru saja dikukuhkan sebagai Batin Perwira Kesuma pada tahun 2019 ini.

  Kunker ke Pesawaran; Wakapolda: Anggota Harus Rebut Simpati Rakyat

“Di kukuhkannya gelar (Batin Perwira Kusuma) terhadap saya diawali dengan sejarah keturunan, mulai dari generasi pertamanya, Batin Sampurna Jaya yang diturunkan ke anak tua laki – laki bernama (H, M Yusup Rais), yang menggunakan gelar yang sama Batin Sampurna Jaya, dan selanjutnya diturunkan ke anak pertamanya atas nama (Wahidun) ini berganti gelar menjadi Batin Perwira, lalu di turunkan ke anaknya (M. Mahpus) dengan gelar Perwira Kusuma, dan sekarang ini selaku gekhinung (cicit) saya sendiri (Irwanto) yang meneruskan dengan gelar Batin Perwira Kusuma, maka itu saya akan terus menerus menjalani sejarah turun menurun kedepannya, Adat Ajang Saibatin Makhga Waylima,” ungkapnya.

Selain menjelaskan sejarah pendiri Makhga Waylima hingga pengukuhan. Batin Perwira Kusuma yang di ketuai oleh Ketua H Firman Rusli sebagai ketua Adat Ajang Saibatin Pesawaran ini berharap, agar bisa bersama -sama untuk melestarikan dan mengembangkan kembali marwah adat dan budaya – budaya Lampung, sehingga tidak ada adat Lampung yang tergerus dengan kemajuan jaman.

Ia juga bukan hanya berharap. Sejak dikukuhkannya sekitar pukul 10.30 wib pagi hari. Sabtu Malam sekitar pukul 21.00 wib puluhan ribu para muli mekhanay dari Tujuh Kecamatan. Yang diwakili oleh Tiga Kecamatan para muli mekhanay padati kediamannya hingga pukul 04.00 wib Minggu (8/12/19).

“Maka itu setelah dikukuhkan malam hari kita langsung menggelar acara muli mekhanay yang ada di Tiga Kecamatan Waykhilau, Kedondodng dan Waylima dengan ratusan orang yang ada di 5 kelompok,” jelasnya.

“Sebenarnya anak-anak muli Mekhanay kita tersebar di 7 Kecamatan dengan jumblah ribuan orang, salah satunya di Kecamatan Padang cermin, Marga Punduh, Punduh Pidada, Wayratai, Waykhilau, Kedondong, dan Waylima,”lanjutnya

Saat ditanya selain untuk memperhatikan lebih terhadap muli mekhanay. Langkah kedepan dirinya setelah di kukuhkan sebagai Batin Perwira Kusuma seperti apa ?.

  Dikroyok dan Dipukuli Pegawai Disperindak Pesawaran, Ketua APPSI Lapor Polisi

Ia mengatakan, kedepannya seperti “air, oh air mengalir sesuai arah yang ditentukan dan air bisa membawa berkah dan bisa memberi keberkahan, dan kita tetap menjaga nama Marwah adat,” ujarnya.

Sementara Ketua Adat Ajang Saibatin Pesawaran, Paduka Minak Mangku Batin H. Firman Rusli mengatakan pengukuhan gelar terhadap Irwanto gelar Batin Perwira Kesuma mengucapkan selamat dan tetap selalu solid untuk menjaga nama Marwah adat. (Don)

Baca Juga

LAINNYA