Mingrum Gumay : Rumah Daswati Bukti Sejarah Berdirinya Provinsi Lampung

 

Bandar Lampung,Intailampung.com-Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay mengunjungi Rumah “Daswati” yang merupakan rumah satu-satunya yang tersisa sebagai tempat kelahiran Provinsi Lampung beralamat di Jl. Tulangbawang No.11, Pahoman, Kota Bandarlampung, Rabu sore (3/9).

Saat melakukan kunjungan Mingrum berkeliling mengamati kondisi bangunan tempat kelahiran Provinsi Lampung dan kemudian dilanjutkan dengan berdiskusi dan bincang santai lesehan ditemani kopi asal Ulu Belu, kacang dan jagung rebus bersama elemen masyarakat yang tergabung dalam Forum Penyelamat Daswati (FPD) I Lampung.

Mingrum Gumay membuka bincang-bincang dengan sapaan adik-adik kepada mereka yang hadir para diskusi tersebut. Dia juga memperkenalkan diri.

Baca Juga

Dikatakannya, tahun 2000-an, pasca-Reformasi 1998, Mingrum sudah mengenal Rumah Daswati. Dia bersama teman-teman sering berdiskusi di belakang rumah.

Mingrum kembali terketuk hatinya saat genap setahun memimpin DPRD Lampung terhadap gerakan FPD I Lampung. “Ternyata, ada yang begitu peduli dengan rumah bersejarah ini,” katanya.

Tinggal, bagaimana mengupayakan agar Rumah Daswati ini bisa dilestarikan sebagai cagar budaya sebagai bagian bukti sejarah lahirnya Provinsi Lampung.

“Insya-Allah, spirit kolektif kawan-kawasan untuk penyelamatan Gedung Deswati ke teman-teman dalam forum paripurna DPRD Lampung,” katanya.

Dia juga berjanji akan segera berkoodinasi dengan Pemkot Bandarlampung untuk turut menyelamatkan Rumah Daswati lewat wewenangnya.

“Pemkot Bandarlampung jangan sampai mengeluarkan ijin pembangunan yang bisa merusak atau alih fungsi lahan Rumah Daswari,” katanya.

Langkah berikutnya, dia mengajak stakeholder mencari solusi penyelamatan Rumah Daswati. “Idealnya, kegiatan-kegiatan rakyat itu di Rumah Daswati ini,” katanya.

Semua yang hadir berharap perjuangan penyelamatan Rumah Daswati segera terwujud “Demi bumiku Lampuku, Rumah Daswati piilku.”

Ditambahkan Juru Bicara FPD I Lampung Een Riansyah yang mewakili KNPI Kota Bandarlampung memberikan apresiasi dan tentunya rasa gembira atas kehadiran Ketua DPRD Provinsi Lampung Bapak Mingrum Gumay dalam kebersamaan berjuang menyelamatkan peninggalan sejarah berdirinya Provinsi Lampung.

  BPK Lampung Mulai Audit Pengadaan Labolaturium DLH Provinsi, Ini Kata Murni Rizal

Hal senada disampaikan Koordinator FPD Arman AZ, Ucapan terima kasih atas dukungan perjuangan Ketua DPRD Provinsi Lampung dalam menyelamatkan Rumah bersejarah terbentuknya Provinsi Lampung ini. Kami sampaikan FPD 1 Lampung adalah forum yang terbentuk dari keprihatinan berbagai elemen masyarakat, terutama para pemuda terhadap kondisi Rumah Daswati. Ungkapnya mengahiri. (Tim)

LAINNYA