Di Pelantikan 34 Pj Kades, Dendi Ramadhona Berikan Lima Pesan

PESAWARAN (IL) – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melantik 34 Penjabat (Pj) Kepala Desa yang akan melakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021 di Kabupaten Pesawaran.

Pada pelantikan tersebut Dendi memberikan lima pesan kepada para Pj Kades yang baru saja dilantik.

“Saya titip lima pesan yang harus dilakukan Pj ketika mulai bertugas nanti, yang pertama kita masih dalam kondisi pandemi Covid-19, makanya semua kegiatan di desa harus menerapkan Prokes, yang kedua melakukan inventarisir satgas Covid-19 di desa jika tidak berjalan tolong dihidupkan,” ungkap Dendi saat menghadiri Pelantikan Penjabat Kades se-Kabupaten Pesawaran, di aula Pemkab Pesawaran, Jumat (21/52021).

Kemudian yang ketiga katanya, mengenai pengelolaan Dana Desa (DD), semua tahu ada refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19 dia minta Pj membedahnya, agar penggunaan DD sesuai dengan kebutuhan dan semestinya.

“Yang keempat adalah sekarang sudah masuk musim kemarau bagi Desa yang rentan terjadinya kebakaran hutan saya mau hal itu diantisipasi, dan yang terakhir adalah Penjabat Kades harus bisa menjaga kebersihan lingkungan desanya terutama fasilitas umum, saya harap ini jadi perhatian,” ujarnya.

Saat disinggung mengenai pencegahan kluster Covid-19 mengahadapi Pilkades, ia mengaku akan bersikap tegas terhadap hal itu.

“Bagi Pj Kades yang gagal memutus penyebaran Covid-19 sehingga status zona desanya naik kita berkomitmen untuk mengganti Pj tersebut, dan jika ada desa yang akan melakukan Pilkades namun zona penyebaran Covid-19 naik menjadi merah, maka kita akan tunda pelaksanaan Pilkadesnya,” ucapnya.

Bupati juga berharap para Pj Kades bisa bersikap profesional dan netral menghadapi pelaksanaan Pilkades, sehingga bisa terciptanya Pilkades yang aman dan kondusif. (Don/SMSI).

Baca Juga

LAINNYA