Gubernur Arinal Launching E-Samdes dan Desa Mart di Lamteng, Masyarakat Bisa Bayar PKB Secara Elektronik Melalui Bumdes

INTAILAMPUNG.COM – Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi melaunching program Elektronik Samsat Desa (E-Samdes) dan Desa Mart di Kampung Wates, Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah, Selasa (14/09).

Peresmian E-Samdes oleh Gubernur Lampung ini, turut dihadiri Kapolda Lampung Irjen Pol. Drs. Hendro Sugiatno, M.M, Dirut PT. Jasa Raharja Provinsi Lampung, Dirut Bank Lampung, Bupati Lampung Tengah H.Musa Ahmad, S.Sos. dan Kapolres Lampung Tengah AKBP Oni Prasetya, S.Ik, beserta unsur Forkopimda dan OPD terkait. Selain itu, kegiatan tersebut juga diikuti secara virtual oleh seluruh Bupati / Walikota dan Kepala Kampung / Desa di wilayah Pov. Lampung.

Gubernur Lampung Ir. H. Arinal menyampaikan, bahwa program E-Samdes dan Desa Mart bertujuan untuk memberikan efisiensi dan kemudahan bagi seluruh masyarakat desa, dalam hal taat membayar pajak kendaraan bermotor secara elektronik melalui BUMDES di wilayah masing – masing. Dan dalam aplikasi ini digunakan dua aplikasi yakni E-Samdes dan aplikasi L-Smart.

“Pajak Kendaraan Bermotor merupakan penyumbang tertinggi penerimaan daerah, dalam sektor pajak dan dalam peningkatan Pembayaran PKB ( Pajak Kendaraan Bermotor). Tentu perlu adanya inovasi – inovasi yang mempermudah masyarakat terutama masyarakat yang jauh dari Samsat di daerahnya,” ucapnya

Menurutnya, hadirnya E-Samdes di Provinsi Lampung merupakan program yang selaras dengan salam satu program Gubenur Lampung yaitu Smart Village atau desa cerdas bebasis digital.

Gubernur menambahkan, selain E-Samdes juga terdapat Desa Mart yang di kelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Desa Mart ini sendiri menjual dan menyediakan berbagai macam produk-produk olahan masyarakat sekitar, yang di kelola langsung oleh kampung dan dijual di “Desa Mart”.

“Sehingga dengan adanya Usaha Milik Kampung (UMK) tersebut, bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan perekonomian,” jelasnya.

  Tiga Jabatan Strategis Kejari Lamteng Diganti

Sementara itu, Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiyatno mengatakan, bahwa penerapan E-Samdes ini merupakan suatu keniscayaan yang harus dibangun pemerintah.

Kata Kapolda, selama ini pemerintah menuntut masyarakat untuk taat membayar pajak tepat waktu. Namun, jarak tempuh mayarakat memang menjadi salah satu alasan, untuk tidak membayar pajak. “Semoga dengan adanya E-Samdes ini bisa menjadi solusi masyarakat untuk taat dalam membayar pajak,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad menyambut baik dengan adanya program ini, dimana ini merupakan perdana di Provinsi Lampung.

“Kabupaten Lampung Tengah yang menjadi percontohan, diharapkan bisa memanfaatkan program ini dengan baik. Sehingga masyarakat Lampung Tengah tidak perlu lagi jauh- jauh untuk membayar pajak, cukup memanfaatkan Program ini,” ucap Bupati Musa.

Dengan telah di resmikanya E-Samdes ini, Musa Ahmad berharap, di akhir tahun ini seluruh Kecamatan Se-Kabupaten Lampung Tengah bisa menggunakan aplikasi E-Samdes ini. “Tentu sangat kita harapkan di akhir tahun ini semua masyarakat Lamteng bisa merasakan kemudahan pembayar pajak dengan E-Samdes,” jelasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan peresmian E-Samdes dan Desa Mart ditandai dengan penguntingan pita oleh Gubernur Lampung dengan didampingi Kapolda Lampung beserta Forkopimda Kab. Lampung Tengah. Yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan sarana dan prasarana Program E-Samdes dan Desa Mart.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut berjalan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku yaitu tetap menerapkan 5M, guna mengantisipasi timbulnya klaster baru dalaman penyebaran Virus Covid-19 di Kab. Lampung Tengah. (intai)

Baca Juga

LAINNYA