Oknum Lurah Kebon Jeruk Bantah Dugaan Rangkap Jabatan dan Makan Uang Insentif RT, Masyarakat Tidak Tahu Ada PLT RT Atas Nama Ferdy

INTAILAMPUNG.COM  – Oknum Lurah Kebon Jeruk Kecamatan Tanjung Karang Timur (TKT) Bandarlampung Rismeliyar, SE, menyangkal bahwa pihaknya telah merangkap jabatan sebagai Rukun Tangga (RT) dan makan uang insentif RT 02 Lingkungan (LK) 1 selama enam bulan, pasca RT setempat mengundurkan diri sejak Oktober 2022.

“Saya tidak makan uang insentif RT tersebut. Bendahara kelurahan yang membayarnya secara tunai dengan bukti kwitansi ke Plt Ketua RT 2 Ferdy,” katanya, kemarin dikutip dari media Online Holoindonesia.com.

Lantas benarkah Ferdy ini PLT Ketua RT 02 LK 1.? Dari penelusuran Investigasi media ini di lapangan. Ternyata masyarakat RT 02 LK 1, tidak merasa ada nama Ferdy sejak kekosongan RT setempat ada PLT RT atas nama Ferdi.

“Dari bulan Januari sampai Juni tidak ada PLT RT mas, atas nama Ferdi itu, baru 4 bulan terhitung dari bulan Juli 2023 sampai November, dan warga juga tidak banyak kenal karena dia juga bukan warga sini seblumnya. Diduga Kartu Keluarganya (KK) orang BKP Kemiling kalau setahu saya,” ungkap warga yang enggan di sebut namannya. Kamis (16/11/23).

Baca Juga

Sementara salah satu warga lainnya, yang enggan di sebut namanya mengatakan, PLT RT itu tidak ada karena dirinya mengatahui bahwa Ferdy itu insentif nya sama keluarnya pada bulan Juli 2023.

“Dia nerima gaji itu dari bulan Juli, untuk Agustus di ambil untuk bayar Ewin kalau ga salah. Dan September, Oktober sudah keluar. Untuk November ini, belum menerima memang,” jelasnya warga yang sama di RT 02 LK1 usai mengatakan bahwa di RT setempat seluruhnya ada 50 KK lebih.

Bahkan dirinya mengakui sibuk pada saat kekosongan RT 02 yang berjalan kemana mana dirinya bukan Ferdy.

  DPRD Lampung Mirza : Leader Dibalik Kesuksesan Tim Soft Ball Putra di PON XX Papua

“Saya yang kemana -mana ko pada saat kekosongan RT tersebut, tapi sayangnya tidak di kasih SK PLT RT dan tidak sama sekali menerima Insentif Plt RT untuk mengisi RT 02 LK 1 ini,” jelasnya

“Karena Ferdy pada saat itu ga ada lawan saat menyalonkan RT. Maka di bawa lah ke masjid Araudoh kebon jeruk jadi lah dia RT,” lanjutnya

Sementara dari keterangan Lurah Rismeliyar, bahwa di bulan Mei 2023, ada pemilihan RT dan warga setuju memilih Ferdy sehingga definitif. “Ketua RT 02 sebelumnya, Edwin sudah lama tidak menjabat lagi, ada masalah, kabur sehingga terjadi kekosongan jabatan,” katanya, Kamis (16/11/2023).

Setelah warga minta ada penggantinya, pihaknya kemudian mengangkat Ferdy sebagai PLT RT 02 sejak Januari 2023 dan menerima insentifnya sejak Februari 2023. Bendahara kelurahan yang membayarnya secara tunai dengan bukti kwitansi.

Alasannya, buku rekening masih dipegang RT lama. Bank Waway lalu menyerahkan insentif ke kelurahan dan langsung disetorkan kepada bendahara kecamatan. “Alhamdullilah, saya sudah jelaskan kepada warga agar tak terjadi fitnah,” katanya.

Terpisah warga RT 03 LK 1 yang enggan disebut namanya mengatakan, Ferdi itu baru 3 sampai 4 bulan jadi RT karena kalau ada pemilihan RT pasti tahu dong karena sebelahan RT.

“Ya memang setelah RT Ewin bermasalah itu lama ga ada RT, dan sampai Ferdy ini juga jadi RT kami tidak mengatahui, kalau tidak salah Ferdy baru 3 atau 4 bulan ngisi RT 02 LK 1,” ujarnya.

Sementara sebagai RT 02 LK 1 yang terpilih Ferdy saat di konfirmasi melalui telepon WhatsApp dengan nada gugup mengatakan, pihaknya menjadi PLT RT 02 LK 1 dari mulai Januari sampai bulan April 2023 mendapat insentif Plt sebesar Rp 1.750 ribu rupiah. Pada pertengahan bulan Mei di adakan pemilihan RT lawan kotak kosong karena warga ga ada yang mau nyalon RT.

  Dishub Lamteng Monitor 4 Pos Pemeriksaan Penumpang Cegah Covid-19

“Saya ini ga tau apa-apa? Dari bulan Januari sampai Mai merima insentif setiap bulannya Rp 1.750, sebagai PLT RT 02 LK 1 dengan bukti kwitansi,” kata dia, dengan gugup.

Menyikapi hal tersebut Camat TKT Epri menjelaskan, bahwa terkait berita itu dirinya melihat admitrasi keuangan dikelurahan setempat belum tercantum nama dirinya.

“Pada saat melihat Admitrasi keuangam Kelurahan belum ada saya. Kaitan insentif itu bukan di ambil lurah pada bulan Febuari sampai bulan Mei kebetulan PLT RT itu terpilih lagi sebagai RT tetap, terkait Form Insentif RT bahwa ada nama ibu Lurah itu Plt minta bantu oleh lurah untuk makai rekening lurah dan penyerahannya secara tunai dilengkapi oleh dokumen,” kilahnya

Kata dia melalui telepon WhatsApp bahwa SK PLT RT dikeluarkan pada bulan Febuari dan diperpanjang lagi selama tiga bulan kedepan.

“Setelah diperpanjang tiga bulan, pada bulan Mei 2023 diadakan lah pemilihan RT dan terpilih Ferdy, dan bikin rekening Bank Waway bulan Enam di Transfer ke RT terpilih itu,” jelasnya

Saat di tanya kenapa mantan RT 02 LK 1 atas nama Erwin tersebut belum juga ada surat resmi pengunduran diri dari kelurahan. Ia mengutarakan bahwa hal tersebut tercantum di (Perwali) cuman hanya SK pengangkatan tidak ada SK penguduran diri.

“Sesuai aturan Perwaki tapi nomor berapa saya lupa, untuk itu hanya ada SK pengangkatan tidak ada SK pengunduran diri jadi dengan adanya SK yang baru itu dari pemerintah kelurahan atau kecamatan tidak mengeluarkan SK pemberhentin jadi emang aturannya seperti itu,” katanya.

Terkait Oknum Lurah Kebon Jeruk Kecamatan TKT Bandarlampung Rismeliyar, SE yang diduga telah menyalahgunakan jabatan dan wewenang dengan merangkap jabatan sebagai RT 02 LK 1, pasca RT setempat mengundurkan diri sejak Oktober 2022. Dan diduga terima insentif RT selama enem bulan, Kepala Inspektorat Bandarlampung Robby saat di konfirmasi media ini mengatakan, bahwa pihaknya sedang melakukan kelarifikasi kepada pihak-pihak terkait.

  Sidang Paripurna, Gubernur Arinal Pemrov WTP 8 Kali

“Siiapp timakasih infonya sedang kita mintakan klarifikasi juga ke pihak pihak terkait,” ucapnya.

Sementara saat di singgung terkait snksi, Robby mengatakan, bahwa jika terbukti ada sanksi yang sudah menanti.

“Sanksi yang diberikan Mulai dari disiplin ringan (teguran) sampai dengan disiplin berat (pemberhentian) tergantung hasil pemeriksaan,” tegasnya. (Redaksi)

LAINNYA