DPRD Pantau Pembangunan Infrastruktur Pemkab Lamsel Hingga Plosok Desa

Lampung Selatan, Intailampung.comdannbsp;danndash; Langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan untuk memaksimalkan bidang infrastruktur terus berjalan. Sesuai dengan visi dan misi Bupati, pembangunan dilakukan secara merata hingga ke pelosok Desa.

Hal ini, tentunya menjadi tugas bagi Komisi C DPRD Lampung Selatan, sebagai mitra eksekutif yang berkaitan dengan sektor pembangunan infrastruktur, untuk melakukan pengawasan. Salah satunya melalui kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker).

Saat melakukan Kunker di Desa Karanganyar Blok 1A, Kecamatan Jatiagung dan Desa Krawangsari, Kecamatan Natar, Selasa (13/2), Komisi C DPRD Lampung Selatan menyampaikan apresiasinya. Kualitas pembangunan infrastruktur di dua Kecamatan itu dinilai cukup baik, dan dikatakan dapat menjadi percontohan bagi wilayah lainnya.

Baca Juga

danldquo;Memang, untuk secara umum, penilaian yang kami (Komisi C) berikan, baru sebagian saja dari yang sudah dilihat. Masih ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan. Terutama dari sisi administrasi. Memang karena sepele, jadi kadang-kadang selalu tidak diperhatikan, yakni mengenai pemasangan papan nama proyek. Sering terpantau jika papan nama itu gak ada,danrdquo; terang Ketua Komisi C DPRD Lampung Selatan, Sunyata kepada Koran Editor, disela-sela Kunker.

danldquo;Biasa dijumpai, ketika Komisi C baru datang ke lokasi pengerjaan, papan nama proyek itu juga baru dipasang. Jadi seolah-olah itu dadakan,danrdquo; tambah Sunyata.

Tidak hanya sebatas memberikan apresiasi, Komisi C juga mengimbau agar pelaksana proyek terlebih dahulu menyediakan rancangan campuran rencana (Job Mix Formula), sebelum proses pengerjaan, untuk tender yang akan dilaksanakan di tahun anggaran 2018.

danldquo;Untuk memperoleh hasil pengerjaan yang maksimal, Job Mix Formula itu kemudian dirapatkan bersama oleh UPT Dinas PU, Konsultan dan rekanan. Kesepakatan dari rapat itu nantinya akan menghasilkan Job Mix Design, yang mencakup, kadar ketebalan aspal, lintasan TR dan lain-lain, baru setelah itu, dilakukan pengerjaan,danrdquo; jelas Anggota Komisi C DPRD Lampung Selatan, Sukardi.

  Pemkab Lamsel Acuhkan Regulasi UU Jasa Konstruksi

danldquo;Jadi, pada saat Komisi C turun langsung ke lapangan, pelaksana proyek dapat menyiapkan Job Mix, yang nanti digunakan sebagai acuan dalam pengawasan yang kami lakukan,danrdquo; imbuh politisi Partai Amanat Nasional ini.

Meski sudah mendapat respon positif dari para legislator, kualitas pengerjaan pembangunan infrastruktur di Kecamatan Jatiagung dan Natar, diharapkan terus mengalami peningkatan. Sejumlah pihak yang menjadi penentu keberhasilan pembangunan, diminta untuk selalu bersinergi dengan baik.

danldquo;Terlepas itu jalan lingkungan atau bahkan Kabupaten, diharapkan agar pengerjaannya sesuai dengan harapan masyarakat. Sesuai dengan instruksi Bupati yang memprioritaskan anggaran Pemerintah Kabupaten di bidang infrastruktur, agar terlaksana dan hasilnya memuaskan,danrdquo; tutur salah satu anggota DPRD Lampung Selatan, Daerah Pemilihan (Dapil) Jatiagung, Nur Hafifah, yang turut mengawal proses Kunker Komisi C diwilayah setempat. (Intai).

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *