TNI-AD Pamerkan Kekuatan Senjata Perang Ke Masyarakat Lamteng

Lampung Tengah, INTAILAMPUNG.COM – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) pamerkan kekuatan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) ke masyarakat Lampung Tengah (Lamteng). Acara terselenggara di Tugu Pepadun, Gunung Sugih, Kabupaten Lamteng. Minggu (17/11/2018).

Dandim 0411/Lamteng Letkolo CZI Burhanudin, SE. Msi, menerangkan, bahwa pameran Alutsista tersebut, merupakan puncak acara. usai Latihan Antar Kecabangan (Ancab) 2018, yang dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur Martapura Sumatera Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara masyarakat dan TNI AD.

“Ini merupakan puncak acara Ancab setelah latihan. Sebagai proses pembinaan tutorial,” ucapnya.

Di katakannya, bahwa terselenggaranya pameran Alutsista dilakukan untuk mempererat hubungan, bahwa TNI dari rakyat untuk rakyat. Serta, menumbuhkan kebanggaan masyarakat terharap TNI-AD.

Kegiatan ini, lanjut kata Letkolo CZI Burhanudin, diselenggarakan di dua titik, pertama di Batu Raja, Pusat Latihan Tempur Martapura Sumatera Selatan. Dan puncaknya di Tugu Pepadun Lamteng. “Acara ini pun satu-satunya di Lampung Tengah,” terangnya.

“Dalam pameran Alutsista ini, kita tampilkan kekuatan perang TNI-AD diantaranya beberapa kendaraan, Rudal, dan Tenk Baja yang dimiliki TNI-AD,” Imbuhnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Ekodian Susanto mewakili Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto, menyampaikan banyak terimakasih atas terselenggaranya kegiatan pameran dan bakti Sosias oleh TNI-AD di Kab. Lamteng.

Eko berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana silaturahmi antara rakyat dan TNI.

“Dengan diselenggarakannya pameran ini, akan menjadi motifasi dan perkenalan alat-alat pertahanan Republik Indonesia milik TNI-AD kepada masyarakat, dan para anak-anak siswa-siswi sekolah,” terangnya.

Kedepannya, kata Ekodian, kegiatan pameran Alutsista dapat terus dilakukan. Karena, selain menjadi sarana edukasi, kegiatan ini juga menjadi sarana hiburan bagi warga masyarakat.

Usai memberi sambutan, rangkaian acara dilanjutkan dengan pembagian alat tulis kepada anak-anak TK dan dilajutkan dengan kegiatan bakti sosial pengobatan massal.

  DPRD Lampung Sebar 1.000 Undangan di Pelantikan Gubernur Lampung Terpilih

Diakhir acara Ekodian mewakili Bupati Lamteng, dengan didampingi tamu undangan lainnya, meninjau Pameran Alutsista TNI-AD dan meninjau pengobatan Massal. Kemudian dilanjutkan para forkopimda beserta masyarakat, anak sekolah dan TNI dan Polri naik kendaraan tempur diantara Tank kebanggaan TNI-AD, yaitu Tank Leopard berkeliling di Kota Gunung Sugih.

Sebagai informasi, latihan antar kecabangan Divisi I Kostrad 2018, telah dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur Martapura Sumatera Selatan.

Sementara kegiatan pameran di isi dengan pameran Alutsista, bakti sosial berupa pengobatan gratis, lomba foto, pembagian alat tulis bagi siswa sekolah dan pembagian doorprice.

Hadir pada kegiatan pameran ini Asisten I Bpk Ekodian Susanto mewakili Bupati Lampung Tengah, Dandim 0411/Lamteng Letkolo CZI Burhanudin, SE. Msi, Kapolres Lampung Tengah, AKBP Slamet Wahyudi S. IK. MH, Wadan Yon B Brimob Pelopor Gunung Sugih AKP. Zaini, beserta anggota, Tokoh masyarakat, tokoh Pemuda,tokoh adat serta para siswa siswi mulai dari Tingkat TK,SD,SLTP,SLTA beserta para masyarakat.

Pejabat pendamping Alutsista Pusterad (Pusat Teretorial angkatan darat) dan Kostrad (Komando Cadangan Strategi Angkatan Darad), diantaranya ada.

1.Letkol Art Edi maapa Pusterad, Jakarta Pusat.
2.Letkol Arm Didik Kasmen II Kostrad.
3.Letkol Kav M Ali.
4.Myr Arm Andi ahmad Danyon Armed 9
5.Myr kav Karyanto
6.Myr arm  Mika Danyon Armed 13
7.Kpt arm  Gede Wadanyon Armed 9

Untuk Pameran Alutsista 20  unit sbb:

  1. *Armed :*

– 6 Cuk meriam 76 mm
– Astros : = 1 PCC = 1 UCF = 1 LMU = 1 Caesar = 1 Komodo

  1. *Arhanud :*

– 1 Ran Komando  – 1 Ran Mistral – 1 Ran Radar –  5 Unit Mistral –  2 Unit Comodo

  1. *Kaveleri :*

– 1 unit Anoa  – 2 Unit Tank Leopard

  1. *Mekanis* :

– 1 Unit Tank Marger.

(Red/INTAI).

Baca Juga

LAINNYA