PPDB SMA Lampung Ditunda, Diona : ‘Waspadai’ Siswa Titipan..

 


Diona Katharina

 

Bandar Lampung, Intailampung.com-Hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA se-Provinsi Lampung yang dijadwalkan berlangsung hari ini, ditunda.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung menunda pengumuman terkait adanya temuan Ombudsman RI.

“Ombudsman RI Perwakilan Lampung menilai petunjuk teknis PPDB SMA tidak sesuai dengan Permendikbud Nomor 51/2018,” kata Kabid Pembinaan SMA Disdikbud Lampung, Diona Katharina, di SMAN 2 Bandarlampung, Kamis (20/6/2019).

Hasil monitoring Ombudsman pada Rabu (19/6/2019) lalu di SMAN 1 Bandarlampung, surat domisili yang dikeluarkan Disdukcapil dalam juknis PPDB SMA tidak sesuai dengan Pasal 18 Ayat 3 Permendikbud 51/2018.

Sementara menurut Diona Katharina, juknis PPDB SMA yang dikeluarkan Disdikbud Lampung sesuai dengan Surat Edaran Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

“SE Bersama Mendikbud dan Mendagri Nomor 1 Tahun 2019 Nomor 420/297315J tentang Pelaksanaan PPDB, memerintahkan Disdik berkoordinasi dengan Disdukcapil setempat dalam menetapkan zonasi,” ujar Diona.

Dan berdasarkan keputusan rapat koordinasi bersama antara Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), selaku perpanjangan tangan Disdik, dengan Disdukcapil, surat domisili untuk PPDB dikeluarkan oleh Disdukcapil.

“Hal ini juga sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Administrasi Kependudukan,” katanya.

*Siswa Titipan*

Diona mengakui keputusan bersama ini, rentan disalahgunakan oleh masyarakat atau oknum pemerintahan yang ingin memanipulasi dokumen kependudukan siswa.

“Berdasarkan pengalaman pada PPDB tahun lalu, ada indikasi siswa titipan. Jadi si anak dititipkan di rumah kerabatnya yang berdekatan dengan sekolah,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, juknis PPDB mewajibkan surat domisili harus sudah satu tahun berjalan sejak 19 Juni 2018. Juknis ini juga merujuk pada Permendikbud Nomor 51/2018.

Diona berharap masyarakat dapat bersabar menanti pengumuman hasil PPDB.

  Peringati HKN Ke-110, Menkominfo: Fokuskan Pembangunan Pendidikan dan SDM

“Kita belum dapat memberitahukan waktunya, pengumuman menunggu hasil konsultasi dengan Gubernur Lampung,” pungkasnya.

Orang tua siswa yang hadir tadi pagi di sekolah mengaku kecewa dengan penundaan pengumuman ini.

Apalagi pihak sekolah hanya menempelkan pengumuman penundaan tanpa disertai alasan yang jelas.

“Agak kecewa sih, cuma enggak ada pemberitahuan dari awalnya. Sesuai dengan aturannya kan, tanggal 20 daftar ulangnya,” kata Rosiana warga Palapa bersama anaknya di SMAN 3.

Rosiana mengatakan pihak sekolah menunda pengumuman PPDB karena hasilnya masih dirapatkan bersama Disdik. (N70/Bon)

Baca Juga

LAINNYA