Paguyuban Bali Indonesia Ingin Berikan Gelar Agung Radja Wisesa kepada Presiden Jokowi

 

Bandar Lampung, Intailampung.com-Melihat Presiden Indonesia Joko Widodo yang tulus mencintai tanah air dan NKRI.

Membuat Ketua Paguyuban Bali Indonesia, I Komang Koheri ingin memberikan gelar Penglingsir Agung Radja Wisesa kepada Presiden Indonesia ke-7 ini.

“Kita berencana akan memberikan adat kepada Bapak Jokowi. Penghargaan ini sebagi bentuk kasih dan sayang apa yang ia lakukan, perbuat bagi Indonesia. Apalagi ia diberikan kepercayaan kembali dalam memimpin Indonesia,” kata Komang, Jumat (23/8/2019

Komang yang kini masih sebagai anggota DPRD Propinsi Lampung dua Priode dan sekarang sebagai caleg terpilih DPR RI dapil Lampung ini menyatakan pemberian gelar tersebut. Pertimbanganya karena ia melihat Presiden, berhasil dalam memimpin Indonesia.

“Banyak kemajuan yang Presiden buat untuk Indonesia. Mulai dari pembangunan insfrastruktur, irigasi, sumber daya manusia dan lain-lain,” ujarnya.

Tak hanya kemajuan Indonesia, Komang menyatakan juga bahwa Presiden Jokowi juga sangat mencintai budaya Nusantara. Hal itu sangat terlihat jelas ketika ia sering tampil di setiap acara ke negaraan memakai baju adat nusantara.

“Ini merupahkan kecintaian beliau (Presiden Jokowi) kepada budaya. Bagaiman yang ia pakai, tentu membuat masyarakat yang merupahkan adat dan sukunya sangat senang,” tegas Komang.

Tentu pemberian gelar ‘Penglingsir Agung Radja Wisesa’, lanjut Komang pihaknya masih meminta arahan kepada sesepuh atau tokoh bali yang ada di Indonesia dan kan berkonsultasi dengan Gubenur Bali I Wayan Koster.

“Kita ingin berikan gelar tersebut di Sai Bumi Ruwai Jurai. Akan tetapi kita harus meminta arahan sesepuh dulu. Pasalnya kni adalah perwujudan atau penerapan catur guru. Tingkatan bupati, gubenur dan presiden. Dia (Presiden) guru di tingkat pusat,” terang Komang membeberkan.

Meski Paguyuban Bali Indonesia tidak berpuasat di Bali. Namun paguyuban tersebut ada di nusantara. “Kita  (Paguyuban Bali) sangat mengedepankan Bhinneka Tunggal Ika,” urainya.

  New Normal, Fraksi PKB Lampung Aspirasikan Ponpes

Komang menjelaskan bahwa pemberian gelar yang diberikan oleh Paguyuban Bali Indonesia ini sudah pernah dilakukan kepada mantan Gubenur Lampung Sjachroedin Z.P, yang saat ini menjadi Duta Besar Indonesia untuk Kroasia. (Bon)

Baca Juga

LAINNYA