BLT-DD Tahap Kedua Disalurkan Langsung Ketiga Desa

INTAILAMPUNG.COM – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap kedua bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19 disalurkan langsung ke tiga Desa.

Bantuan BLT-DD ini, diserahkan langsung oleh Camat Tanjung Raya I Komang Sutiaka secara simbolis di tiga desa, yakni Desa Sriwi Jaya, Wira Jaya, dan Sinar Laga, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji

“Dari ketiga desa ini, sebanyak 371 kepala keluarga menerima bantuan BLT-DD tersebut. Masing masing KK mendapatkan Rp 600.000 ribu, dan akan disalurkan selama tiga bulan,” ucap Camat Tanjung Raya I Komang Sutiaka saat menyerahkan bantuan secara simbolis. Kamis (11/06/20).

Dalam kesempatan itu, Camat Tanjung Raya juga menjelaskan, bahwa  penyaluran BLT DD tak lepas dari perubahan APBDes yang telah dilakukan, dimana perubahan tersebut sesuai dengan intruksi dari kementerian.

“Diperubahan itu banyak kami alihkan dari fisik atau kami kurangi dari fisik untuk BLT-DD, guna penanganan covid-19. Sementara untuk kegiatan yang sifatnya pemberdayaan atau sosialisasi tatap muka itu dialihkan juga, karena tidak diperbolehkan oleh Pemerintah selama pandemi ini belum berakhir,” tutur Komang.

Sedangkan Sekretaris Desa Rohmanudin, mewakili Kepala Desa Wira Jaya yang tidak bisa hadir menerangkan dalam sambutannya semua kriteria verifikasi calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (Bansos) lain dari pemerintah pusat. Ini berarti calon penerima BLT dari Dana Desa tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja.

“Semua penerima BLT ini didasarkan dari Data Terpadu Kesehjateraan Sosial (DTKS) dan ketentuan mengenai mekanisme pendataan, penetapan dan penerima manfaat sedangkan pelaksanaan pemberian BLT Dana Desa dilakukan sesuai ketentuan Menteri Desa (PDTT),” ujar Rohmanudin.

Diterangkan olehnya jumlah penerima Bantuan Langsung Tunai warga Desa Wira Jaya berjumlah 160 KK yang sudah memenuhi syarat menerima dan bukan yang terdaftar di Program Keluarga Harapan (PKH), tidak memperoleh Kartu Sembako, serta Kartu Prakerja. (daffi/intai).

Baca Juga

LAINNYA