Ketua TP PKK Provinsi Lampung Bina Kader TP PKK Way Kanan

INTAILAMPUNG.COM – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Lampung Ny. Riana Sari Arinal lakukan pembinaan kepada para kader TP-PKK di Way Kanan.

Acara kunjungan kerja dan sekaligus pembinaan tersebut, berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan. Selasa, 12 Oktober 2021.

Kedatangan Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Ny.Riana Sari Arinal beserta rombongan disambut langsung oleh Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati.

Kegiatan mengusung tema “Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan” tujuanya adalah untuk menggerakkan Keluarga Pelopor Keluarga Perubahan. Dengan harapan dapat menjadi gerakan yang mampu menginisiasi perubahan kehidupan masyarakat kearah yang lebih baik, terutama dimasa Pandemi Covid-19.

Kegiatan yang berlangsung diawali dengan Senam Lampung Berjaya bersama anggota Perwosi, dilanjutkan tampilan Gamolan, Kampanye GEMARIKAN, Bazar Produk, Praktek Membatik, peninjauan SIGER Donor Darah, peninjauan Pemeriksaan Kesehatan YJI serta dilanjutkan peninjauan vaksinasi untuk 500 dosis di UPT Puskesmas Blambangan Umpu serta Pembinaan LKKS dan Pembinaan Pokja PAUD.

Adipati mengatakan, bahwa hal yang menjadi tantangan dalam PKK adalah bagaimana membudayakan PKK sesuai dengan eksistensinya.

PKK dengan 10 program pokoknya, yaitu Penghayatan dan pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Mengembangkan kehidupan berkoperasi, Kelestarian lingkungan hidup, serta Perencanaan yang sehat merupakan kekuatan yang strategis.

Lanjut dia, apabila 10 (sepuluh) program pokok tersebut sudah membudaya, maka PKK dapat menjadi pilar yang kokoh yang tidak hanya berfokus pada kesejahteraan, namun juga dapat menekan laju pertumbuhan penduduk dengan KB.

Melalui program pengembangan berkoperasi, PKK dapat menanamkan dasar demokrasi ekonomi. Dan PKK juga mengenalkan strategis untuk mengembangkan usaha guna meningkatkan taraf hidup melalui pembinaan UPPKS.

  Ketua DPC PWRI Way Kanan Sampaikan Permohonan Maaf Ke DPP PWRI, Ini Sebabnya !

“Kami memandang TP PKK Kabupaten Way Kanan telah berkiprah secara optimal melaksanakan tugas dan fungsinya melalui beragam program dan kegiatan yang bermuara pada peningkatan kehidupan keluarga dan masyarakat di daerah ini, seperti memberdayakan keluarga dibidang pendidikan dan keterampilan, mengatasi problem kesehatan ibu dan anak, meningkatkan ekonomi keluarga dalam rangka pengentaskan kemiskinan, mengembangkan kehidupan gotong-royong, berkoperasi dan lain sebagainya,” jelasnya.

Kata dia, karena dibalik berbagai keberhasilan tersebut, kita dituntut untuk tidak lantas berpuas diri. Sebab, tantangan diberbagai aspek kehidupan pada masa-masa yang akan datang tentu semakin besar, sehingga peranan TP PKK sebagai organisasi pemberdayaan pun menjadi sedemikian penting. “Untuk itu, mengingat besarnya tantangan pembangunan ke depan yang akan kita hadapi bersama,” jelas Adipati.

Adipati mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Way Kanan mengharapkan agar TP PKK Provinsi Lampung selalu memberikan pembinaan kepada TP PKK Kabupaten Way Kanan, karena turut membantu dalam akselerasi penuntasan berbagai program pembangunan, sebagaimana upaya bersama dalam mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Way Kanan yaitu Way Kanan Unggul dan Sejahtera.

“Terima kasih atas kunjungan ibu Ketua TP PKK Provinsi Lampung di Kabupaten Way Kanan, semoga akan memberikan semangat baru bagi kader-kader TP PKK Kabupaten Way Kanan untuk menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Dan kami menyampaikan permohonan maaf apabila dalam penyambutan ada hal-hal yang kurang berkenan di hari ibu Ketua dan jajaran TP PKK Provinsi Lampung,” tutur Bupati Adipati.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Ny. Riana Sari Arinal menyampaikan, bahwa Pandemi yang berjalan hampir berlangsung 2 tahun ini tidak hanya mengancap keselamatan jiwa, tetapi juga menimbulkan dampak ekonomi maupun sosial secara luar biasa. Namun, dengnan semangat gotong royong akan membantu keluarga untuk mampu bertahan.

  Rapat Perdana DPD JNI Kabupaten Way Kanan

Namun, jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, ternyata ketahanan masyarakat dalam bentuk semangat gotong royong, saling membantu dan kepedulian terhadap sesama menjadi potensi yang luar biasa untuk membantu keluarga agar mampu bertahan dari berbagai tekanan akibat pandemi.

“Saya meminta agar terjalin kerjasama antar organisasi seperti TP PKK, Dekranasda, Pokja PAUD, Pokja Literasi, LKKS, PMI, YJI dan Perwosi terhubung, kegiatan terintegrasi serta menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat,” paparnya.

Selain itu, saya juga berharap kerjasama yang terjalin antar organisasi dapat memotivasi semua organisasi sebagai mitra Pemerintah untuk dapat menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat.

“Saya sangat berharap kegiatan Tahun ini dan tahun depan untuk tetap memprioritaskan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan penanganan dampak pandemi baik secara sosial, ekonomi maupun budaya” ujar Ny. Riana Sari Arinal yang juga memberikan semangat kepada Pemkab dan masyarakat Way Kanan dengan melindungi diri, lindungi keluarga serta sesama untuk Lampung Berjaya.

Pada acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos., M.IP, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Kussarwono, M.T, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Dinas P3AP2KB, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas TPHP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisatam Dinas Perpustakaan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Ketua I TP PKK Kabupaten, Ny. Eka Listriyeni Ali Rahman, Ketua II TP PKK Kabupaten, Ny. Vorian Melita Saipul. (red).

Baca Juga

LAINNYA