Arinal Djunaidi, Bachtiar Basri dan Lukman Hakim Dapat Penghargaan di HUT ke-22 LPM Provinsi Lampung

Intailampung.com-Gebyar puncak HUT Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) ke 22 di Provinsi Lampung yang dipusatkan di Desa Tanjung Anom, Kecamatan Terusan Nyunai, Kabupaten Lampung Tengah Minggu 24 Juli 2022 berlangsung meriah.

Acara yang dihadiri diantaranya Ketua DPP LPM Pusat Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Ketua DPD LPM Provinsi Lampung Aham Bastian Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad diisi sejumlah kegiatan diantaranya pemberian penghargaan kepada 22 tokoh di Lampung yang dinilai punya prestasi bagi kemajuan desa dan daerah, serta menginspirasi desanya.

Diantara 22 tokoh yang meraih penghargaan diantaranya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang mendapat penghargaan dengan kategori tokoh penjaga kelestarian kehutanan bagi masyarakat, penggagas Kartu Petani Berjaya, dan penggagas smart Village.

Selain Arinal, beberapa tokoh lain yang juga meraih LPM Awards diantaranya mantan Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri dan mantan Wali Kota Metro Lukman Hakim, Pj Bupati Tulangbawang Barat Zaidirina, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad, Ketua Apdesi Suhardi Buyung juga mendapat penghargaan

Baca Juga

Pemberian LPM Awards diberikan langsung Ketua DPP LPM Pusat Ahmad Doli Kurnia Tanjung, didampingi Ketua dan Sekretaris LPM Provinsi Lampung Ahmad Bastian Sy dan Ali Sofian

Dalam sambutannya Ahmad Bastian mengatakan salahsatu alasan DPP menunjuk Lampung sebagai lokasi puncak Acara LPM ke-22 karena dukungan penuh dari pemerintah provinsi dan Kabupaten Kota terhadap LPM di Lampung.

“Lampung ini ditetapkan oleh DPP sebagai salahsatu lokasi rangkaian HUT LPM itu karena dukungan dan support dari pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota,” ujar Bastian dalam sambutannya.

Bastian dalam kesempatan tersebut juga mengapresiasi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang dianggap berhasil menunjukan kinerjanya bagi daerah dan masyrakat Lampung.

  Belum Kembalikan Kerugian Uang Negara Rp 700 Juta, Inspektorat Limpahkan Perkara Dinas BM ke Kejari Lamteng

Hal itu kata Bastian dibuktikan dengan 73 penghargaan yang diraih Pemrintah Provinsi Lamung di bawah kepemimpinan Arinal.

“Bapak Arinal ini salahsatu dari 9 gubernur terbaik di Indonesia, yang diakui Nasional dengan 73 penghargaan dan prestasi. Ini membuktikan Pak Arinal  mampu bekerja untuk rakyat sesuai moto Lampung berjaya,” kata Bastian yang juga merupakan anggota DPD RI asal Lampung ini.

Sementara Arinal dalam sambutannya mengucapkan selamat merayakan Hut ke-22 kepada LPM dan berharap kedepan LPM dapat terus bekerjasama dan berkolaborasi dengan pemerintah dalam memajukan masyarakat.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya mengucapkan selamat HUT ke- 22 kepada LPM. Semoga ke depan LPM selalu memberikan kontribusi yang positif dalam membangun Provinsi Lampung yang maju dan berjaya,” ucap Gubernur.

Ia berharap keberadaan LPM Provinsi Lampung, mampu memposisikan dan menunjukkan eksistensi dalam membantu Pemerintah Desa sekaligus mitra Pemerintah Provinsi Lampung, mensinergikan dan menyelaraskan perencanaan Pembangunan Desa dengan perencanaan Pembangunan Provinsi Lampung.

Gubernur Arinal menyatakan, komitmen untuk memajukan desa, dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Lampung melalui program unggulan, yaitu Desa Berjaya di Provinsi Lampung.

Pemerintah Provinsi Lampung terus membuat terobosan baru berupa program-program unggulan yaitu Smart Village, yang terkoneksi dengan e-Samdes, Samsat Desa untuk memudahkan pajak kendaraan bermotor.

Apalagi kata dia, berdasarkan data ada sekitar 3 juta pemilik kendaraan roda dua yang tidak bisa membayar pajak salahsatu alasanya karena lokasi tempat membayar pajak yang cukup jauh dari kabupaten.

Bupati Lampung tengah Musa Ahmad, S.Sos dalam sambutannya berharap agar LPM dapat menjadi bagian dari keluarga besar Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah untuk bersama-sama membangun Lampung.

Sedangkan Ketua LPM Pusat Ahmad Doli Kurnia Tanjung menyatakan untuk mempercepat pembangunan maka konsentrasi pembangunan harus pusatkan dipedesaan.

  Elya Luciana Loekman: Makan Ikan Solusi Penanganan Permasalahan Gizi dan Perkuat Kemandirian Ekonomi

“Desa menjadi pusat konsentrasi pembangunan nasional tentu saja ini selaras dengan program kerja Pak Gubernur dengan konsep ekonomi kerakyatan, dengan dukungan dari LPM, semoga kedepan kita dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam memajukan masyarakat Lampung,” ucapnya.

Menurut Doli Kurnia Tanjung, LPM juga telah melakukan MoU dengan Kementerian Dalam Negeri untuk pelibatan LPM dalam musyawarah pembangunan Desa.

Gebyar Kegiatan HUT ke-22 LPM di Kabupaten Lampung Tengah juga dilakukan penyerahaan satu mobil ambulan cari pemerintah provinsi kepada LPM Provinsi Lampung.(*)

LAINNYA