Panen Raya Padi Sawah Varietas Inpari 32 Dihadiri Pj Bupati Tulang Bawang

INTAILAMPUNG.COM, Tulang Bawang- Pj. Bupati Tulang Bawang Drs. Qudrotul Ikhwan, MM menghadiri acara panen raya padi sawah varietas Inpari 32 di Kampung Gedung Jaya, Kecamatan Rawa Pitu, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung, Selasa, (7/5/2024).

Panen Raya kali ini berlangsung menyenangkan karena turut dihadiri bapak Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, beserta jajaran yang turut ikut serta mengikuti panen raya di Kabupaten Tulang Bawang Sai Bumi Nengah Nyappur.

Pj. Bupati Tulang Bawang mengatakan bahwa menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Tulang Bawang dalam panen raya kali ini mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi Lampung.

“Dapat kami sampaikan, Kabupaten Tulang Bawang merupakan salah satu lumbung padi di Provinsi Lampung. Dimana Kecamatan Rawa Pitu bersama dengan Kecamatan Rawa Jitu Selatan, Dente Teladas, dan Gedung Meneng merupakan sentra produksi padi di Kabupaten Tulang Bawang”, ujar Qudrotul Ikhwan.

Baca Juga

Diketahui dengan besarnya lahan baku sawah seluas 9.541 Hektar, Kecamatan Rawa Pitu dapat menghasilkan produksi gabah kering sebanyak 96.921 Ton/Tahun dengan Provitas kurang lebih 55 Kwintal/Hektar.

Pj. Bupati Tulang Bawang yang juga menjabat sebagai Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung tersebut menuturkan bahwasannya keberhasilan tersebut dapat tercapai berkat dukungan beberapa faktor, seperti:
1) Indeks Pertanaman, dengan mencapai IP 200, maka dalam setahun dapat melaksanakan tanam dan panen sebanyak dua kali.
2) SDM, perpaduan antara petani berpengalaman dan penyuluh yang profesional merupakan salah satu faktor yang membuat provitas menjadi tinggi.
3) Teknologi, para petani telah menggunakan alat pertanian modern seperti Combine Harvester, Handtraktor, Transplanter, dan Traktor Roda Empat. Juga menggunakan metode pertanian yang terbarukan, seperti Biosaka, Intensifikasi Pertanian, dan Ekstensifikasi Pertanian.

  Simpan Narkotika di Saku Celana, Seorang Petani Ditangkap Polres Tulang Bawang

“Atas baiknya hasil panen raya musim ini, saya mengajak segenap masyarakat Kecamatan Rawa Pitu untuk terus bersyukur. Jadikan panen kali ini sebagai sarana pembelajaran supaya hasil panen di musim berikutnya dapat semakin baik”, ajak Pj. Bupati Tulang Bawang.

Dikatakannya meskipun banyak tantangan dan permasalahan yang dihadapi, Qudrotul Ikhwan mengajak para petani untuk terus bersemangat, bahwasannya Bapak/Ibu petani adalah pahlawan pangan nasional.

Pj. Bupati Tulang Bawang yang telah menyabet banyak penghargaan Internasional itu juga menyampaikan bahwasannya pemerintah daerah selalu berupaya untuk mengusulkan kepada pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat untuk mendapatkan alokasi anggaran ataupun bantuan di bidang pertanian demi kemajuan para petani yang ada di Kabupaten Tulang Bawang.

“Terima kasih kepada seluruh petani yang telah bekerja dengan keras untuk mewujudkan swasembada pangan nasional. Teruslah bekerja dengan penuh semangat agar keunggulan Kabupaten Tulang Bawang di bidang pertanian dapat semakin terlihat, dengan begitu makna unggul yang terkandung dalam brand “UDANG MANIS” (Unggul, Damai, Aman, Nyaman, Guyub, Mandiri, Agamis, Natural, Inovatif, Sejahtera) dapat benar-benar menjadi kenyataan”, Tutup Drs. KRAT Qudrotul Ikhwan, MM.

Turut hadir Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi & Keuangan, Kasat Pol PP, Ka. Bappeda, Ka. Dishub, Ka. Dinkes, Ka. Dinas PU, Ka. Dinas Ketahanan Pangan, Ka. Dinas Perkim, Plt Ka. Diskominfo, Plt Ka. Dinas Pertanian, Kabag Perekonomian, Kabag SDA, Camat Rawa Pitu.(Red)

LAINNYA