Tim Wasev Monitoring Kegiatan TMMD Ke-102 di Kabupaten Pesawaran

Pesawaran, INTAILAMPUNG.COM danndash; Tim Pengawasan dan Evaluasai (Wasev), yang dipimpin Brigadir Jendral TNI Sarum beserta staf, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke wilayah Kodim 0421/Lampung Selatan Provinsi Lampung. Sekaligus monitoring kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-102 di Desa Rowo Rejo dan Grujugan Baru Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran.

Dalam sambutannya Ketua Tim Wasev TMMD Ke-102 Brigjen TNI Sarum menyampaikan, bahwa kedatangannya dalam rangka melaksanakan perintah Bapak Kasat Jenderal TNI Mulyono selaku Penangung Jawab Operasi (PJO) TMMD. Guna melihat secara langsung bagai mana pelaksanaan TMMD di lapangan untuk mendapatkan saran/masukan sebagai bahan evaluasi perbaikan TMMD yang akan datang.

danldquo;Saya atas nama kepala staf TNI AD selaku PJO TMMD mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati dan SKPD Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, atas dukungan terhadap program TMMD. Toga, tomas, toda dan seluruh komponen masyarakat yang ikut mendukung dan berpartisipasi dalam rangka mensukseskan pelaksanaan TMMD Ke-102 TA 2018. Media cetak dan elektronik yang telah mempublikasikan rangkaian kegiatan pelaksanaan TMMD,danrdquo; ucap Ketua Tim Wasev TMMD Ke-102 Brigjen TNI Sarum dalam sambutan. Senin, (6/8/2018).

Dikataknnya, TNI Manunggal Membangun Desa telah berjalan selama 38 tahun, diawali pada tahun 1980 ketika pertamakali digagas oleh Jenderal M. Jusuf. dannbsp;Pada saat itu, masi bernama ABRI masuk desa (AMD). Program AMD berfokus pada pembangunan masyarakat di pedesaan.

Lanjut dikatakannya, Desa dipilih sebagai objek pembangunan, karena desa memiliki peran yang penting dalam pembangunan nasional. termasuk didalamnya sebagian besar penduduk Indonesia tinggal didesa sehinga desa merupakan pertahanan terahir dalam pertahanan negara. dalam perkembangannya AMD/TMMD Menjangkau kedaerah daerah terpencil dan terpelosok, daerah perbatasan, daerah kumuh perkotaan maupun daerah yang di landa bencana.

  Meriahkan HUT RI Ke-74, Desa Berenung Gelar Berbagai Perlombaan

danldquo;TNI Manunggal Membangun Desa merupakan bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama kementrian / LPNK Pemda dan Masyarakat sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah daerah,danrdquo; paparnya.

Dikatakannya lebih dalam, Program TMMD dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat. Dengan mengunakan proses Bottom Up Planning sytem, yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral karena melibatkan semua unsur terkait, dari tingkat desa/kelurahan sampai dengan tingkat kabupaten/kota.

danldquo;Sasaran yang telah terpilih berdasarkan sekala prioritas, diteliti dan dipadukan dengan program pemerintah daerah, dibahas diforum DPRD untuk disahkan menjadi progeram TMMD selanjutnya. Dilaksanakan progeram TMMD selama 30 hari dan setelah selesai diserahkan kepemerintah daerah, sehinga hasil TMMD dapat di manfaatkan oleh masyarakat,danrdquo; bebernya.

Tambahnya, dalam pelaksanaan TMMD sampai dengan saat ini telah membangun beberapa pasilitas yang di butuhkan masyarakat. Diantaranya, pembuatan jalan sepanjang 23.753.097 m, pembuatan parit/irigasi/siring sepanjang 3.504.779 m dan jembatan sebanyak 7.252 unit.

Disektor penunjang kesejahtraan keluwarga seperti pembuatan /rehab rumah 34.296 unit, pembuatan pipa air bersih 1.209.007 m dan sektor fasilitas umum fasilitas sosial seperti pembangunan sarana ibadah 8.068 unit, gedung sekolah 7.759 unit, pemasangan jaringan listrik 15.630 lokasi. Serta masih banyak lagi sarana fisik yang dilaksanakan pada giat TMMD. Disamping itu, ada juga giat Non fisik berupa penyuluhan/sosialisasi dalam rangka pembentukan karakter geberasi muda serta giat lainnya.

danldquo;Dalam pelaksanaan TMMD kali ini marilah kita bersama bergotong royong saling membantu pelaksanaan TMMD Ke-102 Agar hasil dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam jangka panjang sehinga dapat meningkatkan kesejahtran masyarakat dan kemanungalan TNI rakyat,danrdquo; tandasnya.

Dalam kesempatan sama, Wakil Bupati Pesawaran H. Eriawan S.H., mewakili sambutan Bupati Pesawaran H.Dendi Ramadhona K.S.T menyampaikan, ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Satgas TMMD Ke-102 dan unsur TNI/POLRI serta masyarakat. Karna dengan adanya perogeram TMMD ini, sangat membantu dan selaras dengan program pembangunan pemerintah Kabupaten Pesawaran saat ini. Dan kami Ucapan selamat datang kepada Tim Wasev atas kunjungan yang dilakukan dalam ranangka monitoring kegiatan TMMD ke-102 di Kabupaten Pesawaran.

  Gaji 3 Bulan SatPol-PP Peswaran Tak di Bayarkan

danldquo;TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga, betapa pentingnya dan luar biasanya semangat gotong royong membangun bangsa. Semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan kebendaan lainnya. Melalui TMMD seperti inilah yang menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendaya gunakan potensi serra mengatasi berbagai isu atau persoalan terkini dengan solusi ternaik,danrdquo; kata Bupati Dendi dalam sambutanya.

Selama ini, Kata Dendi, perogram TMMD telah membantu pemerintah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan didaerah dan meningkatkan kesejahtraan masyarakat. Adapun kegiatan TMMD yang telah dilaksanakan di tiga desa Kecamatan Negeri Katon ini, diantaranya adalah pembuatan jembatan, pembuatan badan jalan, pembuatan gorong-gorong, dan rehabilitasi musolah. Semuanya itu tentu sangat membantu masyarakat untuk mereka yang akan bekerja, bersekolah, beribadah, berkeguatan sosial dam aktivitas lainya.

Tidak ketinggalan pula upayanya untuk terus mengedukasi mastarakat tentang nasionalisme, tentang ancaman teroris, memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara serta bahaya narkoba khususnya para pemuda generasi peberus bangsa.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa TMMD bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa, tetapi dalam TMMD juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat. Agar mampu mengelola potensi yang di miliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap tantangan yang sedang dan akan dihadapi.

Selain itu, melalui program TMMD secara berkesinambungan, diharapkan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman, yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan negara.

Kegiatan yang dilaksanakan TNI satu bulan ini, telah membuka lembaran baru bagi Kabupaten Pesawaran di bidang pembangunan. danldquo;Saya harapkan kegiatan ini dapat dilanjutkan dimasa yang akan datang.saya juga bergarap keguatan TMMD ini dapat menjalin kerja sama yang baik antar TNI/POLRI,pemerintah daerah serta bersama nasyarakat,danrdquo; tuntasnya. (red/Intai).

  Bulan Juli Polres Pesawaran Amankan 11 Kasus Narkoba Dan 13 Kasus Kriminal

Hadir dalam giat Sbb :

– Wa Aster Kodam II/SWJ Letkol Inf Iskandar – Kasiter Korem 043/Gatam Letkol Ifn Sahnun – Dandim 0421/LS Letkol Arm Untoro Hariyanto. S.i.p. – Para Perwira Staf, danamp; Jajaran Danramil Dim 0421/Lamsel – Kapolres Pesawaran AKBP Saiful Wahyudi SIK – H.Dendi Ramadhona K.S.T Bupati Pesawaran di wakili oleh wakil bupati Pesawaran.Eriawan SH – Dan SSK Letda.Chb.Bambang.Sriwijanarko S.i.p – Forkopimda Kab.Pesawaran – Forkopimcam Kec.Negeri Katon – Tokoh Adat,tokoh Masyarakat,tokoh Agama Kec.Negeri Katon Kab.Pesawaran sekirar 350 orang.

dannbsp;

dannbsp;

Baca Juga

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *