Bekali Pengetahuan dan Wawasan, STKIP Tunas Palapa Gelar Kuliah Umum Peningkatan Etos Kerja Guru

Lampung Tengah, INTAILAMPUNG.COM – Bekali pengetahuan dan wawasan menjadi seorang pengajar yang berpengetahuan luas. STKIP Tunas Palapa Lampung Tengah, gelar kegiatan kuliah umum peningkatan etos kerja guru.

Ketua STKIP Tunas Palapa Stepanus Wasito M.Pd, mengatakan, bahwa penting seorang guru mimiliki pengetahuan luas, agar menjadi tenaga yang mumpuni dan profeisonal.

Untuk itu, dalam kuliah umum yang di gelar ini, kita menghadirkan beberapa narasumber yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas. Seperti Anggota DPRD Lampung Komang Koheri dan Anggota DPR/MPR RI Perwakilan Provinsi Lampung Ir. Anang Perihantoro.

“Tujuanya, agar memotifasi para mahasiswa STKIP Tunas Palapa bisa belajar dari pesan dan pengalaman yang di dapat dari para narasumber, melalui kuliah umum yang diberikan. Dengan harapan mampu mendorong semangat para mahasiswa untuk lebih optimis. Sesuai dengan temanya yakni peningkatan etos kerja guru,” terangnya.

Dalam kualiah umum ini, Komang Koheri, menyampaikan, bahwa seorang guru harus memiliki tujuan dan bekal. Ia menyimpulkan jika seorang guru tidak memiliki tujuan maka menjadi orang yang tersesat.

“Guru itu ibarat matahari penerang dalam kegelapan. Jika kalian tidak bisa jadi matahari minimal jadi lentera. Kalian adalah perubah dunia, tidak ada Persiden, Gubernur, DPRD, Bupati dan lannya, jika tidak ada guru,” ucapnya.

Guru memiliki makna digugu dan di tiru, sehingga tentu harus bisa memberikan contoh yang baik bagi anak-anak. Dan harus menjadi panutan, ketika menjadi seorang guru. Maka dari itu, di india guru sangat di hormati, dan disebut maha guru.

“Maka menjadi seorang guru itu, merupakan profesi yang sangat mulia. Pesan saya didiklah anak menjadi baik. Karena anak pintar belum tentu baik. Bila anak di didik menjadi baik maka dengan sendirinya mereka akan menjadi pintar,” paparnya.

  Dinsos Lamteng Klaim Ada 4.000 Keluarga Terima PKH di Selagai Lingga

Sementara, Ir. Anang Perihantoro menyampaikan, bahwa menjadi tenaga pendidik harus tekun, telaten dan percaya diri. “Jika mau jadi seorang guru males, sudah pati memiliki jiwa sosial rendah,” terangnya.

Selain itu, lanjut kata Anang, menjadi seseorang harus memiliki harga diri yang tinggi. Jangan sampai bisa diukur oleh orang lain. Kemudian, klian juga harus memiliki soft skill dan hard skill dan yang terakhir jaringan atau (teman pergaualan). Jika semua ini kalian miliki tentu pengetahuan akan semakin lebih luas.

Bila dalam hidup yang anda cita-citakan hanyalah menjadi sebagai PNS. Tentu sarat harus tes. Namun dalam kondisi sekarang ini, dengan ribuan pelamar PNS. Semua itu, belum tentu bisa anda raih. Jika tujuan PNS pengen jadi orang kaya. Maka kamu akan menjadi penjahat. Karena korupsi sudah membudaya.

“Cita-cita sukses bukan PNS. Pilihan sukses tidak harus PNS. Maka untuk menuju jalan sukses harus memiliki harga diri tinggi, soft skill dan hard skill serta jaringan. Jadi harapan setelah lulus dari sini, kalian jangan pesimis. Banyak jalan menuju kesuksesan,” pungkasnya. (Intai).

Baca Juga

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *