Bupati Loekman Bantu Warga Korban Angin Puting Beliung

Lampung Tengah, INTAILAMPUNG.COM – Hujan disertai Angin Puting Beliung yang terjadi di Kampung Sangun Ratu, Kecamatan Pubian, Lampung Tengah (Lamteng), Minggu (18/11) lalu, membuat sejumlah rumah warga mengalami kerusakan.

Mendengar kabar tersebut, Bupati Lamteng Loekman Djoyosomarto, S.Sos., sontak langsung tergerak hatinya untuk mengunjugi warganya yang terkena musibah bencana alam tersebut.

Loekman mengatakan, bahwa peristiwa yang telah terjadi di Kampung Sangun Ratu, Kecamatan Pubian, Lamteng. Merupakan kejadian alam, yang tidak bisa di duga-duga. “Namun kita harus tetap berupaya, bila ada pohon-pohon dekat rumah agar di tebang,” himbau, Loekman Senin,  (19/11)

Loekman menjelaskan, semua korban bencana akan di beri bantuan, dari Pemerintah Daerah.  “Nanti akan di data berapa warga yang rumahnya kena angin puting beliung.  Kita akan berikan bantuan sesuai dengan aturan yang ada,” ujarnya.

Dalam kunjungannya, Bupati Loekman mendatangi rumah warga di RT 07 RW 03 Kampung Sangun Ratu, Kecamatan Pubian, salah satu warga  yang tekena angin punting beliung dan memberikan sejumlah bantuan berupa beras, tikar dan sembako.

“Kita datang untuk memberi bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban, serta langsung meninjau rumah yang rusak,” ucap Loekman saat melihat satu persatu rumah warga korban angin puting beliung.

Loekman menegaskan, bahwa dalam waktu dekat ini Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah akan berupaya memberikan bantuan lainnya dalam bentuk fisik, untuk memperbaiki rumah warga yang menjadi korban angin puting beliung. “Secepatnya kita akan batu untuk perbaikan rumah warga yang rusak terkena angin puting beliung,” tegasnya.

Kedatangan Bupati Lamteng kelokasi bencana membuat warga merasa lebih lega, karena masih mendapat perhatian dari Pemerinta Dearah.

Biran (warga) mengucapkan rasa terimakasih kepada Bupati Lamteng Loekman Djoyosemarto, S.Sos., yang telah memberikan bantu kepada warga yang rumahnya terkena sapuan angin puting beliung. “Terimakasih Pak Bupati atas batuan yang diberikan, kami lega pak bupati bisadtang kesini dan memberikan bantuan langsung ke korban angin puting beliung,” ucapnya.

  Ketua LSM Basmi Lamteng Abdul Razak  Menduga Surat Rekom Pengelolaan IPAL YMC Bermasalah 

Dalam keterangnya, Biran menjelaskan, kejadian angin puting beliaung berlangsung begitu cepat hanya hitungan menit saja dan kejadian tersebut berlangsung sekitar pukul 12.50.wib.

Di kesempatan yang sama, Camat Pubian Zulkarnain mengatakan, bahwa kerusakan akibat angin kencang di Kampung Sangun Ratu, mengakibatkan 2 rumah rusak parah, 9 rusak ringan. Sedangkan kampung Negeri Ratu 5 rumah rusak ringan.

“Bantuan sudah kita dapat langsung dari bupati, sedangkan pendataan dari dinas terkait sudah di data. Nanti tinggal kita laporkan pada bupati,” pungkasnya.

Pantauan di lokasi, puing-puing rumah warga yang beterbangan akibat terjangan angin puting beliung. Menjadi pemandangan setibanya Bupati Loekman sampai di lokasi. Terlihat atap-atap rumah masyarakat rusak, dan Sebagian masyarakat yang menjadi korban angin puting beliung telah memperbaiki rumah mereka. (Intai).

 

Baca Juga

LAINNYA