70 Ekor Sapi Mati Akibat Virus Jembrana, Pemkab Lamteng Langsung Lakukan Penyuntikan Masal

Lampung Tengah, INTAILAMPUNG.COM – Sebanyak 70 ekor sapi bali milik peternak di Kecamatan Pubian Mati akibat virus Jembrana.

Guna mencegah penyebaran virus tersebut, Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Pemkab-Lamteng) melalui Dinas Peternakan dan Perkebunan gerak cepat, melakukan penyuntikan masal vitamin dan  antibiotik. Kepada sapi-sapi warga di Kampung Negeri Kepayungan Kecamatan Pubian, Lamteng, Senin (14/1/2019).

“Beberapa waktu lalu masyarakat peternak di Kecamatan Pubian mendapatkan musibah, dengan adanya penyakit virus Jembrana yang mengakibatkan sekitar 70 Ekor sapi milik warga mati. Untuk Itulah pada saat ini di lakukan pemberian vitamin dan juga antibiotik oleh Dinas Peternakan, untuk mengatasinya,” ucap Zulkarnain, Camat Pubian.

Pemberian Vitamin dan antibiotik kepada sapi milik peternak tersebut, kata Zulkarnain, bertujuan untuk meningkatakan kekebelan tubuh hewan ternak.

 “Agar tidak mudah terkena penyakit, karena perubahan cuaca dan juga adanya penyebaran virus yang dapat mengakibatkan kematian pada sapi. Serta tetap menjaga kesehatan hewan ternak. Maka pada hari ini dilakukan penyuntikan dan pemberian vitamin,” uangkapnya.

Atas kondisi tersebut, Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto, S.Sos., meminta kepada peternak di Kampung Negeri Kepayungan dan umumnya di Kecamatan Pubian, untuk dapat menjaga kebersihan kandang. “Penyebaran penyakit juga dapat di sebabkan oleh kurangnya kepedulian warga akan kebersihan hewan ternak, maka saya minta peternak menjaga kebersihan kandangnya,” kata Loekman.

Untuk petugas Dinas Peternakan dan Perkebunan Lamteng, lanjut kata Loekman, diupayakan untuk melakukan penyemprotan desinfektan pada kandang ternak warga dan apaibila membutuhkan tambahan obat-obatan dapat segera berkoordinasi dengan sekretariat daerah.

Loekman menambahkan, bahwa saat ini Pemerintah Daerah telah melakukan pencegahan terhadap beredarnya penyakit yang menyerang sapi warga di Kecamatan Pubian.

“Mengingat jumlah populasi sapi bali di Kecamtan tersebut, cukup besar. Maka untuk mengantisipasi perubahan cuaca dan penyebaran penyakit Jembrana serta mensosialisasikan cara beternak yang baik. Maka kedepan Penyuntikan Vitamin dan antibiotik pada hewan ternak khususnya sapi akan di lakukan di Kecamatan lain. Ini dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan hewan ternak di Lamteng,” tandasnya. (intai).

Baca Juga

LAINNYA