Pemkab Lamteng Siap Jawab Tantangan Pembangunan 2020

Musrenbang Tingkat Kabupaten 2019, dan penyusunan RKPD 2020 Pemkab Lamteng, jadi acuan dalam  pembangunannya.

Lampung Tengah, INTAILAMPUNG.COM – Untuk menjawab tantangan pembangun 2020. Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) akan memprioritaskan peningkatan pembangunan di segala lini. Yang mengacu pada pokok terpenting dalam musrenbang tingkat kampung, kecamatan dan kabupaten.

Hal ini terungkap dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2019, Pemerintah Kabupaten Lamteng melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020. Di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Kamis (21/03/2019), yang dibuka secara langsung oleh Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto, S.Sos., dengan mengusung tema, ” Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Perekonomian Rakyat Dengan Semangat Gotong Royong”.

Loekman menjelaskan, RKPD merupakan forum bagi seluruh pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Lampung Tengah. Untuk melakukan musyawarah dan mensepakati RKPD 2020. Forum ini juga merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan dalam proses perencanaan pembangunan tahunan daerah, sebagai acuan dalam penyusunan RAPBD tahun 2020.

Beberapa hal yang menjadi permasalahan dan tantangan utaman dalam pembangunan di Kabupaten Lampung Tengah yaitu, tentang Pelayanan pendidikan dan kesehatan yang masih belum optimal, masalah stunting dan pengentasan kemiskinan, serta produksi dan pemasaran hasil pertanian ditingkat petani belum maksimal.

Kemudian masih banyaknya kondisi infrastruktur yang kondisinya perlu peningkatan dan perbaikan dan pembenahan Birokrasi menuju E-Government, serta peningkatan kesejahteraan dan disiplin Pegawai. Kondisi keamanan dan ketertiban, serta potensi konflik sosial juga yang perlu kita jaga bersama. Dan yang terakhir pengelolaan sumber daya alam belum mencapai tahap peningkatan kualitas hidup lingkungan masyarakat.

Untuk menjawab semua tantangan tersebut, Pemkab Lamteng akan memprioritaskan beberapa kegiatan yaitu, Peningkatan Kualitas SDM, Peningkatan Ekonomi Masyarakat, Peningkatan Kualitas Infrastruktur, Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan, Peningkatan Keamanan dan Ketertiban, Persatuan dan Kesatuan serta Gotong Royong, dan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup yang berkelanjutan.

  Abdulah Surajaya Imbau Semua Pihak Untuk Bersabar Menyikapi Quick Count, Tunggu Hasil Resmi Penghitungan KPU

“Dengan prioritas tersebut secara bertahap diharapkan dapat mewujudkan Lampung Tengah sebagai Lumbung Pangan yang Aman, Maju, Sejahtera dan Berkeadilan,” ujar Loekman dalam sambutannya.

Lanjutnya, untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya harus dilakukan proses perencanaan yang sinergi, antara pemerintah daerah, provinsi dan pusat, serta harmonisasi hubungan antara pemerintah daerah, DPRD dan Dunia Usaha.

“Saya atas nama Pemkab Lamteng berharap penyusunan RKPD 2020 bisa berjalan dengan baik. Dan saya tekankan seluruh Kepala OPD dan Camat untuk menyatukan langkah dan gerak, dengan menyusun program-program yang inovatif dengan target kinerja yang terukur,” ucapnya.

Loekman menghimbau Kepala OPD yang terkait dengan pelayanan publik, agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

 “Jangan ada Pungli. Kepada Camat saya minta untuk membina dan mengawasi pelaksanaan pemanfaatan Dana Alokasi Kampung,” tegasnya.

Ditambahkannya, menghadapi Pemilu 2019. Pihaknya, meminta kepada seluruh elemen masyarakat turut serta mensukseskan hajatan nasional, dan tetap menjaga ketertiban dan keamanan wilayah, sehingga iklim kondusif yang telah terjaga ini dapat terus dipertahankan, dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Lampung Tengah.

Bupati Loekman juga telah membangun komitmen yang harus dipegang teguh dan dilaksanakan oleh seluruh steakholder Pemkab Lamteng yaitu, niat yang sama, langkah yang sama, suara yang sama dan tujuan yang sama.

“Empat komitmen inilah yang harus kita laksanakan bersama dengan semangat gotong royong yang tinggi. Semangat gotong royong ini merupakan budaya bangsa Indonesia yang mesti dijaga dan dilestarikan untuk dilaksanakan disetiap aspek kegiatan dalam masyarakat.” pungkasnya

 

Turut hadir dalam Musrenbang, Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Herlina Warganegara, Sekretaris Daerah (Sekda) Lamteng, Adi Erlansyah, Kepala Bappeda Lamteng, Roni, Wakil Ketua DPRD, Sugiri, para Kepala OPD, dan jajaran Forkopimda Lamteng. (Adv).

Baca Juga

LAINNYA