Beginilah Sejarah Terbentuknya Desa Wiralaga

MESUJI, INTAILAMPUNG.COM   – Asal usul berdiri Kampung “Sungai Kabung” atau yang sekarang di kenal dengan “Desa Wiralaga” bermula dari hadirnya  pangeran Muhammad Ali atau Pangeran Mat.

Pengeran Mat merupakan orang yang pertama kali membuka lahan dan bercocok tanam di wilayah Kampung  Sungai Kabung atau Desa Wiralaga.

Di desa itu pun, Pangeran Mat bersama Pak Kabung berjuang bercocok tanam di Desa Wiralaga.

Pak Kabung sendiri, merupakan orang asli yang tinggal di wilayah tersebut.  Sosok seorang yang gagah dan berani.

Sampai sa’at ini pun, namanya selalu di kenang. Bahkan desa itu pun kini di nama’i  Kampung “Sungai Kabung” atau Desa Wiralaga yang berdiri saat ini.

Berdirinya Kampung Sungai Kabung  atau Desa Wiralaga pada tahun 1865,  sejarah mencatat bahwa Kampung Wiralaga bermula dari hadirnya  Pangeran Muhammad Ali atau Pangeran Mat.

Perjuangan dan sejarah kisah Pangeran  Muhammad Ali, hingga saat ini selalu dikenang oleh keturunannya.

Makam pangeran MAT hingga saat ini  menjadi Kramat,  serta  rumah  tempat tinggalnya  yang berbentuk rumah  panggung  kayu  Berarsitektur Khas  Sumatera hingga  kini masih  dilestarikan  oleh  keturunannya.

Keturunan pangeran MAT menggunakan  nama marga di belakangnya, sebagian besar  warga kampung  inipun, mempunyai kekerabatan dengan warga  di sebrang sungai di  Sumatra  Selatan.

Setelah itu, Ismail Ishak bersama tokoh masyarakat lainnya memperjuangkan wilayah tersebut, untuk  membentuk  Kabupaten  Mesuji. Dan alhamdulillah  perjuangan Ismail Ishak bersama tokoh masyarakat terwujud dan terbukti, menjadikan Mesuji sebagai Kabupaten sendiri yang berdiri pada saat ini.

Pada momen tertentu  seperti hari Kemardekaan Indonesia 17 Agustus 1945.  Atau hari raya idul fitri  di Kampung ini sering di adakan, kegiatan  lomba perahu, lomba hias kapal Dll.

  KTN Desa Adi Luhur Diresmikan

Dan desa wiralaga ini  terletak  Di  kecamamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, yang saat ini  sedang berkembang. Dan Kabupaten  Mesuji saat ini di pimpin dan di Perkembangkan lagi Oleh pak H, Saply TH, sebagai Plt Bupati Mesuji dan  Pak MAT JAYA sebagai Kepala Adat  Mesuji.

Cerita  Sejarah di langsir dari akun facebook,  Muhummad Yogi.

(M. Ghali. Khadaffi )

Baca Juga

LAINNYA