Bupati Loekman Janji Bantu Oprasi Gibran Anak Penderita Kangker Mata

Lampung Tengah, INTAILAMPUNG.COM – Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto, S.Sos., segera carikan solusi atas penyakit yang diderita Azka Gibran Rabanni (4 th) anak dengan penderita kangker.

Azka Gibran Rabanni merupakan anak pasangan dari Sri Sundari (27) dan Yulianto Riwibowo (28) warga Kampung Bandar Agung, Kecamatan Terusan Nunyai, Lampung Tengah yang hidup tanpa bisa melihat. Karena kedua bola matanya merupakan bola mata palsu (imitasi) yang harus diganti sesuai dengan perkembangan usianya akibat kanker yang dialaminya.

Meskipun memiliki Kekurangan namun bocah yang sudah bersekolah di Taman Kanak-kanak ini tidak mau di istimewa kan saat berada di sekolah.

Mendengar hal tersebut, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto secara spontanitas datang berkunjung kerumah kedua orang tua Gibran untuk melihat kondisinya.

“Saya mendengar bahwa ada anak kecil yang menderita sakit retina matanya dan beberapa tahun lalu telah di operasi dan diganti bola matanya dengan bola mata palsu, sesuai dengan perkembangan usia maka rongga mata berkembang makin besar sehingga bola matanya perlu di ganti disesuaikan dengan rongga mata yang ada,” ujar Bupati Loekman, kemarin.

Loekman menjelaskan, bahwa dalam waktu dekat ini Pemerintah Daerah Lampung Tengah akan segera mencarikan solusi bagi Gibran agar dapat segera di lakukan operasi matanya.

“Hari ini Saya langsung meninjau di lapangan dan akan segera mencarikan solusinya karena itu biaya besar dan tidak mungkin di tanggung oleh orang tua nya.Mudah mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama dapat segera kita bantu untuk dibawa ke salah satu Rumah sakit di Tangerang untuk di lakukan operasi”jelas Bupati.

Menurut keterangan dari Sang ibu, putra nya ini menderita kanker mata ini sejak usianya 1,5 tahun . Namun akibat terkendala biaya maka baru dapat di operasi saat usianya 2 tahun.

  Baru Bebas Karena Asimilasi, RA Kembali Berulah Curi Motor

” Gibran mulai sakit pada usia 1,5tahun dan dibawa berobat ke Jakarta, karena terkendala biaya maka agak tertunda.Awalnya hanya mata sebelah kiri lalu merambat ke sebelah kanan. Alhamdulillah sekarang ini sudah dinyatakan bersih dari kanker dari dokter namun untuk bola mata tiap tahun harus ganti dan harus membeli sendiri,”terang Sri Sundari.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh  Sri Sundari atas kehadiran Bupati Loekman Djoyosoemarto.Dan berharap dapat membantu untuk kesembuhan dari sang buah hatinya.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Bupati Loekman Djoyosoemarto yang telah berkunjung ke rumah ini dan melihat kondisi Gibran.Mudah mudahan Pak Bupati selalu membantu Gibran untuk kedepannya,baik pendidikannya serta untuk pergantian bola mata setiap tahunnya,”tuturnya

Sri Sundari berharap  Gibran dapat segera sembuh serta mewujudkan cita-citanya.

“Kalau Gibran sudah sembuh saya sangat bersyukur sekali.Cita cita Gibran sendiri ingin menjadi hafiz Qur’an,dan ingin sekali mencium Hajar Aswad dan untuk sekolah nya dapat di permudah, selama ini kesehariannya biasa saja dan untuk hafalan Qur’an sendiri, Gibran Alhamdulillah sudah hafal 2juz”, pungkasnya.

Sementara itu menurut Plt.Kepala Dinas kesehatan Lampung Tengah,Edy Sunarko penyakit yang di alami oleh Gibran adalah Retino Blastoma dan telah di operasi sebelumnya.

“Awalnya Gibran menderita Retino Blastoma yaitu sejenis tumor di daerah mata yg mengakibatkan kerusakan retina, dan pengobatan satu satunya hanya dengan dioperasi. Semula yang terkena hanya di mata kiri, lalu sekitar 1 bulan berikutnya menyusul mata kanannya.Sekarang kondisi anak tersebut tidak punya bola mata sama sekali di kedua matanya, sehingga untuk estetika memakai mata palsu. Dan mata ini harus selalu dikontrol dan diganti per 2-3 th sekali searah dengan pertumbuhan anak sampai nanti dewasa.Namun kondisi kesehatan badan lainnya normal, demikian juga untuk tumbuh kembang mentalnya sangat baik,” terang Edy Sunarko. (Intai).

Baca Juga

LAINNYA