Cetak Generasi Atlet Junior, Disporapar Lampung Tengah Gelar Lima Cabor Tingkat Kabupaten

Ket,Foto: Pembukaan Kejuaraan Olahraga Tingkat Kabupaten Lamteng 2024 di Sport Center, Terbanggi Besar, Lamteng. 

INTAILAMPUNG.COM – Cetak generasi atlet junior, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) selenggarakan Kejuaraan Olahraga Tingkat Kabupaten Lamteng Tahun 2024.

Pertandingan kejuaraan olahraga ini diikuti oleh tingkat pelajar dan umum dengan jumlah 1.029 orang peserta. Yang terdiri dari lima Cabang Olahraga (Cabor) yakni Basket, Futsal, Badminton, Panco dan Renang.

Pelaksanaan kegiatan, dibuka langsung oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Dr.Candra Puasati, S.Pd., M.Pd., mewakili Bupati Lamteng H.Musa Ahmad, S.Sos.M.M., di Sport Center, Terbanggi Besar, Lamteng, Selasa (09/07/2024).

Baca Juga

Ket,Fato: Plt.Kepala Disporapar Lamteng Surahman, SP., M.M.

Plt. Kepala Disporapar Lamteng Surahman, SP., M.M., mengatakan, bahwa kegiatan penyelenggaraan Kejuaraan Olahraga Tingkat Kabupaten Lamteng Tahun 2024 diselenggarakan selama tiga hari mulai 9 – 11 Juli 2024.

“Ada lima Cabor yang kita pertandingkan, yakni Basket diikuti 225 peserta, Futsal 255 peserta, Badminton 150 peserta, Panco 150 peserta dan Renang 279 peserta. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan kesempatan kepada atlet pelajar junior untuk mengasah kemampuan ditingkat Kabupaten,” ucapnya.

Hal yang sama juga disampaikan, Kepala Bidang Olahraga Disporapar Lamteng Rusmaladi, bahwa Kejuaraan Olahraga tingkat Kabupaten yang diselengaran merupakan kejuaraan multi event dan single event.

Dimana dari lima cabor yang dipertandingkan, kata Rusmaladi, empat cabor yakni Basket, Badminton, Renang dan Futsal dikhususkan untuk tingkat pelajar, yang terdiri dari SD, SMP dan SMA. Sedangkan cabang Panco lebih ke rekreasi, dan kelasnya umum.

Rusmaladi menjelaskan, bahwa untuk Cabor Renang dipusatkan di kolam renang Punggur, yang berada di Kampung Tanggul Angin. Futsal, Badminton di Kafifah Sport Center Yukum Jaya, sementara Cabor Panco dan Futsal di Sport Center Terbanggi Besar.

  Antisipasi Banjir Bupati Loekman Gotong Royong Benahi Drainase

“Jadi fokus kami dalam Kejuaraan Olahraga ini lebih ke pencarian bakat atlet-atlet muda Lamteng. Dan kemudian tugas Koni Lamteng yang akan melalakukan pembinaan selanjutnya,” jelasnya.

Ket,Foto: Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Dr.Candra Puasati, S.Pd., M.Pd., saat menyampaikan sambutan Bupati Lamteng Musa Ahmad dalam acara pembukaan Kejuaraan Olahraga Tingkat Kabupaten Lamteng 2024 di Sport Center, Terbanggi Besar, Lamteng. 

Candra Puasati dalam sambutannya, menyampaikan permintaan maaf atas ketidak hadirian Bupati Musa Ahmad dalam acara, dikarenakan ada acara lain.

Candra Puasati juga mengucapkan selamat datang kepada para peserta yang merupakan atlet-atlet pelajar dan junior cabang olahraga basket, panco, futsal, bandminton dan renang.

“Semoga kegiatan yang kita laksanakan ini dapat terselenggara dengan baik dan memperoleh manfaat untuk kemajuan Lamteng. Sekaligus sebagai wadah bakat prestasi bagi cabang olahraga di Kabupaten Lamteng,” tuturnya.

Ia berharap, para peserta yang mengikuti kejuaraan olahraga dapat mengikuti pertandingan dengan sungguh-sungguh dan panitia diminta untuk sportif.

“Jadikan kegiatan ini menjadi ajang yang baik untuk menuju olahraga prestasi di bawah koordinasi Koni Lamteng dan Komite Olahraga Masyarakat (Kormi). Untuk panitia pun diminta sportif,” tutupnya.

Ket,Foto: Perwakilan Koni Lamteng dalam acara pembukaan Kejuaraan Olahraga. 

Sementara itu, Ketua Bidang Kesekertariatan Koni Lamteng Irfangi, mewakili Ketua Harian Koni Lamteng Sukistoro, menyambut baik, atas terselengaranya Kejuaraan Olahraga Tingkat Kabupaten Lamteng yang di selenggarakan Disporapar dalam pencarian bakat atlet-atlet junior Lamteng.

“Tentu kami dari Koni Lamteng sangat mengapresiasi atas terselangaranya ajang kejuaraan olahraga pencarian bakat yang di gelar Disporapar ini. Kegiatan ini pun sangat menginspirasi kami, bahwa di kepengurusan baru Koni Lamteng kita ikut dilibatkan, diikutsertakan dalam pembukaan kejuaraan olahraga ini,” ungkap Irfangi.

  DPW GPAN Lampung Berikan Arahan dan Wawasan Program Kerja Ke DPC GPAN Lamteng

Maka dari itu, lanjut kata Irfangi, sesuai dengan instruksi Ketua Koni Lamteng bapak Musa Ahmad, kita diminta untuk bersinergi dengan dinas-dinas olahraga ataupun sport-sport olahraga, supaya olahraga ini bisa sampai ke akar rumput seperti kegiatan Kejuaraan olahraga tingkat Kabupaten yang terselenggara pada hari ini.

“Kejuaraan seperti ini akan terus dilakukan setiap tahunnya, guna mencari atlet-atlet baru Lamteng. Dengan harapan nantinya akan naik ke jenjang berikutnya yakni dari tingkat Kabupaten naik ke tingkat provinsi, bahkan ke tingkat nasional bahkan regional,” terangnya.

Maka dari itu, tambah Irfangi, dengan adanya kejuaraan liga olahraga semacam ini, akan menjadi ajang penjaringan atlet berbakat Lampung Tengah.

“Karena munculnya prestasi itu dengan acara-acara kejuaraan seperti ini. Maka atlet yang berpotensi akan terfilter dan mereka akan mendapatkan posisi masing-masing sebagai juara satu, dua, tiga. Yang kemudian selanjutnya mereka akan kita bina, kita didik untuk kejuaraan yang lebih naik satu tingkat lagi,” tuntasnya.

Hadir dalam acara Plt. Kepala Disporapar Lamteng Surahman, SP., M.M., Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Lamteng Dr. Candra Puasati, S.Pd., M.Pd., Ketua Bidang Kesekertariatan Koni Lamteng Irfangi, mewakili Ketua Harian Koni Lamteng Sukistoro, didampingi Bidang Perestasi Suyanto dan Bidang Mobilisasi Sumber Daya dan Usaha Ikmaludin Dhani, Forkopimda, Camat Punggur Andi Nazola, SH.,M.M, para Ketua Cabang Olahraga Lampung Tengah, dan tamu undangan. (*)

Laporan : Redaksi Intailampung

 

LAINNYA