Kadinsos Provinsi Lampung Terima Kunjungan Unicef, Bahas Pendataan Anak dan Imunisasi Campak-MR

Bandarlampung, INTAILAMPUNG.COM – Dihadapan Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni, dannbsp;Child Protection Specialist United Nations Children’s Fund (UNICEF) Astrid Ginzaga Dionisiodannbsp;menyampaikan, bahwa dalam rangka kampanye imunisasi campak dan rubella Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak Kementerian Sosial RI bekerjasama dengan UNICEF akan melaksanakan pemetaan dandannbsp;pendataan anak rentan, anak jalanan dan anak terlantar.

danldquo;Khususnyadannbsp;penanganan anak dalam panti melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) agar mendapatkan akses layanan kesehatan vaksin campak dan rubella,danrdquo; ucapnya.

Menurut Astrid uji coba Pemetaan dan Pendataan ini salah satunya di Kota Bandar Lampung. danldquo;Disamping itu lokasi projetc pada 10 kota Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Batam, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Makasar dan Ambon,danrdquo; kata Astrid

Dalam kesempatan yang sama, Sumarju menyampaikan, atas nama Pemerintah Provinsi Lampung mengucapkan terima kasih atas perhatian Kemensos RI dan Unicef yang telah berkenan mengalokasikan program ini di Bandar Lampung.

“Kita ketahui penyakit campak dan rubella merupakan dua penyakit yang sangat mungkin dialami oleh bayi dan anak-anak, hingga saat ini tidak ada pengobatan untuk kedua penyakit tersebut” katanya.

danldquo;Kegiatan ini sangat penting karena merupakan salah satu bentuk pemenuhan hak anak akan kesehatan terutama bagi anak-anak rentan dan berada diluar pengasuhan keluarga. imbuh Sumarju.

Sementara itu, Merada Tambunan menambahkan bahwa pemetaan anak rentan ini merupakan program baru, dengan menggunakan Aplikasi Pemetaan Rentan dengan sistem Android yg didesain untuk mendapatkan data anak rentan secara cepat, akurat dan tepat.

Untuk mendapatkan data yang valid tentang anak anak rentan dalam mengakses imunisasi Measles Rubella (MR) maka dilaksanakan trainingdannbsp; pemetaan di Dinsos Bandar Lampung dari tanggal 19-21 Juli 2018. Kegiatan ini diikuti oleh Satuan Bhakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos), Pendamping LKSA dan staf Dinsos Provinsi Lampung dan Kota Bandar Lampung.dannbsp;

  Gubernur Lampung Buka Rakerwil Ikatan Wartawan Online Lampung 2020

Melalui pertemuan dalam pemetaan ini hasil yang diharapkan:dannbsp; memperoleh data anak yang tinggal di panti asuhan yang akan mendapatkan akses layanan imunisasi vaksisn campak dan rubella, memperoleh sebaran lokasi konsentrasi anak jalanan, mendapatkan informasi lembaga atau institusi yang memberikan layanan bagi anak di panti asuhan atau jalanan.dannbsp;

danldquo;Memberoleh gambaran lembaga rujukan kesehatan yang bisa diakses anak di panti maupun di jalanan. Disamping itu tersedianya rencana tindak lanjut pelaksanaan MR bagi anak di panti dan anak jalanan,danrdquo; dannbsp;pungkasnya. (Ppid-dinsos).

Baca Juga

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *