Batan Targetkan Pembangunan Reaktor Nuklir di Tangsel Dimulai 2020

Batan menggelar sarasehan tentang teknologi nuklir bersama masyarakat di Puspiptek, Setu, Tangsel, Selasa (25/9/2018)

TANGERANG SELATAN – Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) menargetkan pembangunan fasilitas Reaktor Daya Eksperimental (RDE) di area Puspiptek, Setu, Tangerang Selatan, akan dimulai pada 2020 mendatang. Saat ini Batan sedang menunggu pembuatan Detail Engineering Design (DED) dan rampungnya proses perizinan dari kementerian terkait.

RDE merupakan reaktor nuklir yang dapat digunakan untuk pembangkit listrik, pembangkit panas, serta dapat pula untuk memproduksi hidrogen. Karena sifatnya yang eksperimental, maka pengoperasiannya lebih banyak untuk tujuan percobaan dalam meningkatkan penguasaan teknologi.

Kini proses pembangunan RDE telah memasuki pembuatan DED tahap awal, dimana direncanakan tahun 2018 ini bisa selesai. Selanjutnya, pada tahun 2019 DED tahap akhir diperkirakan tuntas dan memasuki tahap perizinan kontruksi dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten).

“Harapannya 2020 baru bisa (pembangunan). Nanti dengan anggaran yang ada, kita baru bisa membangunnya. Nanti harapannya akan beroperasi tahun 2024,” ungkap Deputi Bidang Teknologi Energi Nuklir Batan, Suryantoro, seusai sarasehan bertajuk ‘Mendekatkan Teknologi Nuklir Kepada Masyarakat’ di Puspiptek, Setu, Tangerang Selatan, Selasa (25/9/2018).

Sumber: SINDONEWS

Baca Juga

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *