IKA FT USU Gelar Seminar Bahas Masalah Lingkungan Hidup

IKA FT USU Gelar Seminar Bahas Masalah Lingkungan Hidup

IKA FT USU menggelar seminar nasional tentang Application of Waste to Energy Technology: Developing Scientific, Business and Renewble Energy Policy di Jakarta

JAKARTA – Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Sumut (IKA FT USU) Jabodetabek

ternyata punya perhatian terhadap masalah lingkungan hidup dan konservasi energi.

Baca Juga

Untuk itulah organisasi ini membahasnya dengan mengadakan Seminar Nasional tentang Application of Waste to Energy Technology : Developing Scientific, Business and Renewble Energy Policy di Hotel Bidakara, Jakarta.

Dalam siaran pers yang diterima pada Sabtu (24/11/2018), dsebutkan kegiatan ini merupakan wujud partisipasi organisasi yang beranggotakan kurang lebih 3.000 orang, pada masalah lingkungan hidup dan konservasi energi.Karena itu masalah peningkatan jumlah sampah terutama di kota kota besar, pencemaran lingkungan dan perairan laut oleh sampah terutama sampah plastik menjadi salah satu latar belakang seminar ini.

Di sisi lain, kemajuan teknologi pengolahan sampah dapat menghasilkan energi, seperti bahan bakar cair, gas, dan bahkan sebagai pembangkit energi listrik. Konsep ini dikenal dengan Waste to Energy (W2E) atau dari sampah menjadi energi.

Organisasi alumni yang diketuai oleh Ir. Nasri Sebayang MM ini, menyadari bahwa untuk implementasi W2E ini bukanlah sesuatu yang mudah. Ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan yaitu; ketersediaan teknologi yang handal, bentuk bisnis dan keekonomian, serta kebijakan tentang renewable energy.

Seminar ini merupakan sebagai upaya membangun kesadaran terhadap lingkungan hidup dan konservasi energi sekaligus. Ketua Organising Committee , Ir. Andi Akmal Amnur, mengatakan, tujuan dari seminar ini adalah terbangunnya kolaborasi antara teknologi, bisnis dan kebijakan sebagai dasar pengembangan W2E di Tanah Air.

Seminar ini diiukuti oleh unsur Pemerintah kota, unsur Pelaku usaha, unsur Pemerintah, unsur Perguruan Tinggi dan Peneliti, serta stakeholder lainnya.

  OSO Yakin Negara Ini Tak Akan Punah Jika Prabowo-Sandi Kalah

Berkenan hadir dan menyampaikan keynote adalah Ir. Rida Mulyana sebagai Dirjen EBTKE Kementerian ESDM, Ir. Djoko Rahardjo Abumanan, Direktur Bisnis Regional Jawa Bag.Timur, Bali dan Nustra PT.PLN (Persero).

Sedangkan sebagai pembicara pada seminar tersebut antara lain : Ir. Surya Darma M,Sc, Ketua Masyarakat Energi Baru Terbarukan Indomesia (METI), Ir. Budi Mulyono, MM , Vice President Energo Alternatif PT.PLN (Persero).

Sumber: SINDONEWS

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *