Desa Kota Dalom Sudah Lama Tidur Bahroin Akan Mempercepat Kemajuan Di Insfrastruktur Dan Kebudayaan Di 2019

PESAWARAN – Untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan perkembangan desa. Kepala Desa Kota Dalom Kecamatan Waylima Pesawaran Bahroin, akan meneruskan dan mempercepat pembangunan insfrastruktur dalam pengelola dana desa (DD) tahun 2019 di 6 dusun.

 

“Pengelolaan (DD) tahun 2019 ini kita fokuskan di insfrastruktur di 6 dusun. Salah satunya pemasangan 5 titik gorong-gorong untuk di dusun 4 dan 5, Rabat beton 7 titik di dusun 1,3 dan 4, Drenase 2 titik di dusun 1, Onderlakh 3 titik di dusun 5, Tembok Penahan Tanah (TPT) 1 titik disusun 4, dan Jembatan beton 1 titik di Dusun 1,” ungkapnya saat ditemukan ditempat kerja, Jum’at (19/7/19).

 

Baca Juga

Bahroin juga mengatakan, progam untuk insfrastruktur yang sudah dijalani pada tahun -tahun lalu, tahun ini, Pihaknya mengaku, pembangunan desa akan lebih di percepat. Walau pun sebelumnya dinilai pengelolaan (DD) tahun 2017 oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran sukses dan mencapai prestasi dalam pengelolaan nya, sehingga ia harus ada pengerucutan anggaran (DD) di tahun 2018 senilai ratusan juta.

 

“Walau sempat desa ini terbelakangi. Namun progam – progam yang kita jalani sejak bulan Mai tahun 2015 saat dilantik sebagai kepala desa, insfrastruktur dan progam lain-lain yang sudah kita jalani hingga tahun ini, Alhamdulilah sudah langsung tersentuh dan dirasakan oleh masyarakat,” kata dia

 

“Kita sejak tahun 2018 ada pemangkasan anggaran (DD) yang seharusnya menerima Rp 1 milyar lebih namun yang diterima Rp 740 juta lebih dengan alasan penilaiyan Kabupaten melalui pihak terkait Desa Kota Dalom sejak tahun 2017 sudah memasuki katagori Desa berkembang/peningkatan dari sebelumnya,” lanjutnya

 

Sejak diadakan pemangkasan tersebut karena ada peningkatan. Dirinya tetap berjuang untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakatnya.

  Puskes Bernung Dan Pemdes Sukabanjar Gelar Simulasi Jasat Covid19

 

“Desa Kita ada 13 RT yang tersebar di 6 Dusun mas. Maka kita semua selalu bersukur adanya penilaiyan lebih oleh pihak kabupaten apalagi banyak diketahui masyarakat luas bahwa Desa ini meraih peningkatan,” ujar bapak biasa dipanggil Oin.

 

Selain menerangkan kemajuan pembangunan insfrastruktur, Oin juga menceritakan, bahwa Desa ini juga sudah pernah mengikuti kompetisi Sanggar Tari, tingkat Kabupaten maupun Provinsi yang sebelumnya dari 15 desa di Kecamatan Waylima, Desa Kota Dalom yang masuk urutan ahir, namun saat ini bisa serobat Desa lain untuk menunjukan kemajuannya.

 

“Kompetisi Sanggar Tari tingkat Kabupaten Desa Kita pernah mendapatkan juara ll dan untuk Kompetisi tingkat Provinsi untuk mewakili 148 Desa 11 Kecamatan Desa kita ikut walau belum mendapatkan juara,” bebernya

 

Dia juga berharap agar kompetisi Sanggar Tari, yang dibina selama ini bisa lebih baik lagi dan bisa memasuki juara Provinsi dan Nasional.

 

“Harapan nya kedepan dibidang kebudayaan bisa nambah berkembang dan di tahun depan bisa dapat juara baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional,” bebernya

 

Pihaknya juga mengaku untuk perkembangan yang sudah nampak dipermukaan masyarakat. Desa setempat ini juga terapkan aikon adat istiadat dibidang kebudayaan.

 

“Kita terapkan untuk Aikon desa seperti kebudayaan Sanggar Tari dan Pencak Silat yang ada di Desa ini,” pungkas Oin (oni)

 

LAINNYA