Selangkah Lagi, DPRD Provinsi Umumkan Calon Komisioner KI 2020-2024

Bandar Lampung, Intailampung.com-Ketua Komisi I DPRD Lampung Yozi Rizal telah mengantongi 15 nama calon komisioner Komisi Informasi (KI)  periode 2020-2024. “Kami telah menyerahkan 15 nama calon komisioner KI ke pimpinan DPRD Lampung untuk ditindaklanjuti,” kata dia,  Selasa (21/1/2020).

Anggota DPRD dua priode Provinsi Lampung ini juga memastikan tidak bakal ada perubahan nama-nama calon komisioner KI oleh pimpinan DPRD Lampung. Karena nama-nama itu telah disepakati.

“Nah itu tidak bisa diubah lagi nilainya. Kita sepakat dan kompak semuanya tidak bisa diubah, itu dari timsel. Kalau mau beri nilai, berilah saat kemarin itu yang sesuai dengan performnya,” kata dia.

Ia memprediksikan bahwa nama-nama calon komisioner KI bakal segera diumumkan oleh Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay.   “Seharusnya sih, minggu ini sudah bisa diumumkan. Karena mereka menunggu untuk di Rapim kan,” ujar dia.

Saat disinggung siapa saja nama-nama calon komisioner KI yang masuk dalam 15 besar, Yozi enggan membeberkannya. “Nanti Ketua DPRD yang mengumumkannya,” ujar dia.

Ia berharap komisioner KI periode 2020-2024 berani dalam mengambil tindakan. Karena masih banyak lembaga publik yang masih enggan membuka informasi ke publik.  Misalnya, ia mencontohkan, masalah hak penguasaan tanah di Badan Pertanahan Nasional (BPN). “Itu susah benar. Belum lagi contoh yang lain,” ungkap dia.

“Kita juga meminta kawan KI  untuk ikut berperan dalam persoalan di Mesuji. Karena hampir setiap saat kita ini menunggu kabar akan ada korban lagi. Karena apa, persoalan disinformasi,” jelas dia.

“Pihak pemangku kebijakan juga terkesan menutup mata. Jadi KI harus jelas dan tegas dalam memberikan informasi soal status hutan disana. Kalau sudah seperti ini, yaudah legalkan. Kasih aspek legalisai lahan hak pakai atau hak milik agar tidak ada lagi saling rebut,” kata Yozi. (Intai)

  Beri Bantuan Genset, Orang Muda Ganjar Dukung Usaha Tambak Udang Panti Asuhan Kasih Nusantara di Lampung

Baca Juga

LAINNYA