Ops Cempaka, Empat Pelaku Curat Ditangkap Resmob Polres Lamteng Satu MD

INTAILAMPUNG.COM – Dalam Operasi (Ops) Cempaka 2020. Team Resmob Polres Lampung Tengah ciduk empat pelaku Pencurian dengan pemberatan (Curat). Satu meninggal dunia (md) akbiat kelabuhi petugas dan berusaha melarikan diri. Kamis, (13/02/2020).

Kasat Reskrim Polres Lampung Tengah AKP Yuda Wira Negara, SH, SIK, mewakili Kapolres Lampung Tengah membenarkan, telah melakukan penangkapan terhadap ke empat kawanan pelaku Curat. Namun satu diantaranya meninggal dunia. Karena mencoba mengelabuhi petugas dan ingin melarikan diri.

“Benar kami telah melakukan penangkapan terhadap 4 (empat) orang pelaku pencurian kendaraan bermotor ditempat terpisah, sesuai dengan laporan dari masyarakat terkait adanya tindak pidana Curat R4 yang terjadi pada 12 Januari dan 5 Februari 2020 lalu,” jelasnya.

“Untuk pelaku yang berusaha mengelabui petugas dan berusaha melarikan diri kita berikan tindakan tegas dan terukur,” tegasnya.

Dijelaskannya, bahwa penangkapan bermula dari adanya informasi yang diperoleh oleh Team Resmob Polres Lamteng. Setelah melakukan penyelidikan beberapa hari terkait keberadaan 3 (tiga) orang pelaku di Rumah Makan Andalas, Bandar Jaya Timur.

“Setelah melakukan pengintaian sekira pukul 12.00 Wib, Team Resmob Polres Lamteng bergerak menuju ke Rumah Makan Andalas untuk melakukan penangkapan terhadap ke 3 (tiga) orang pelaku. Ketiga pelaku diringkus tanpa perlawanan,” terangnya.

Lanjut dikatakannya, setelah dilakukan penangkapan, Team Resmob Polres Lampung melakukan interogasi terhadap ke 3 (tiga) pelaku yang berinisial ST als Gedung, MZ dan AG.

“Keterangan yang diperoleh dari ke 3 (tiga) pelaku tersebut menyebutkan bahwa ada 1 (satu) pelaku lainnya yang terlibat dalam kelompok mereka, dan kerap melakukan aksi – aksi pencurian kendaraan bermotor,” bebernya.

Dikatakannya lebih lanjut, pelaku yang dimaksud adalah AS als Andi als AN yang bertempat tinggal di Bandar Jaya Barat.

  Bayi Dengan Tali Pusar Belum Terpotong di Buang Dengan Dibungkus Kardus 

Selanjutnya, Team Resmob Polres Lamteng bergerak cepat menuju ke lokasi tempat tinggal AS als Andi als AN. Sesampainya di rumah AS, Team Resmob Polres Lampung Tengah langsung melakukan penangkapan dan membawa pelaku untuk melakukan pengembangan terhadap kasus-kasus pencurian kendaraan bermotor lainnya.

Dikatakannya lebih lanjut, namun pada saat dilakukan pengembangan untuk menunjukkan lokasi/TKP pencurian kendaraan bermotor R4 di Kampung Komering Putih, pelaku mengelabui petugas.

Pelaku mengarahkan agar perjalanan menuju ke Kampung Komering Putih melewati jalan lingkar barat, Seputih Jaya. Ditengah perjalanan, Pelaku meminta berhenti dan menunjukkan sebuah lokasi yang menurutnya adalah salah satu TKP tindak pidana Curat R4 yang pernah dilakukan. Ternyata, itu hanyalah taktik pelaku untuk mengelabui petugas.

Ketika Tim Resmob turun dan melakukan peninjauan lokasi TKP bersama-sama pelaku AS als Andi als AN. Kesempatan itu dipergunakan oleh pelaku AS als Andi Als AN untuk melarikan diri.

Pelaku berlari kearah mobil lalu mengambil alih kemudi dan berusaha kabur dari lokasi. Dengan sigap Team Resmob Polres Lampung Tengah melakukan penghadangan dengan cara melakukan tembakan peringatan.

Karena tidak mengindahkan peringatan petugas dan pelaku terus berupaya kabur dari lokasi dan hampir menabrak anggota, akhirnya Team Resmob melakukan tindakan tegas terukur terhadap pelaku. “Pelaku terkena tembakan petugas”.

Setelah dipastikan pelaku dapat dilumpuhkan, kemudian Team Resmob mengecek kondisi pelaku. Pelaku yang dalam keadaan tertembak akhirnya dibawa oleh petugas ke Rumah Sakit Harapan Bunda untuk mendapatkan pertolongan medis.

Menurut informasi yang didapat dari pihak Rumah Sakit, setelah dilakukan tindakan medis Pelaku tidak tertolong lagi. Karena kehabisan darah dan dinyatakan meninggal dunia. Saat ini jenazah almarhum masih berada di Rumah Sakit Harapan Bunda dan direncanakan akan diserahkan kepada pihak keluarga.

  Satlantas Polres Mesuji Sosialisasikan Operasi Zebra Krakatau 2019

“Keempat pelaku yang berhasil ditangkap oleh Team Resmob Polres Lampung Tengah yaitu ST alias Gedung, MZ, AG dan AS als Andi als AN  (MD) sering terlibat kasus pencurian dengan kekerasan di beberapa lokasi antara lain Tulang Bawang, bahkan satu pelaku diantaranya adalah residivis kasus pembunuhan. Terhadap ke 3 (tiga) pelaku yang berhasil ditangkap ini akan dijerat dengan Pasal 363 KUHPidana”, tegas Akp Yuda Wira Negara. (intai).

Baca Juga

LAINNYA

  • 8 Pejabat Polres Lamteng Dimutasi

    INTAILAMPUNG.COM – Kapolres Lampung Tengah AKBP I Made Rasma, S.Ik, M.Si., pimpin upacara serah terima jabatan delapan pejabat Polres Lampung Tengah (Lamteng). Kegiatan ini ditandai dengan upacara

  • Polsek Bengkunat Patroli Cegah Kriminalitas dan Penyebaran Covid-19

    INTAILAMPUNG.COM – Pencegahan terhadap aksi kriminalitas terus dilakukan anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Bengkunat Polres Lampung Barat. Salah satunya dengan patroli ke objek vital serta memberikan

  • Polsek Sumber Jaya Ingatkan Masyarakat Tentang Penyebaran Covid-19

    INTAILAMPUNG.COM – Kanit Binmas Polsek Sumber Jaya bersama Kanit Intelkam dan Kanit Provos berikut Bhabinkamtibmas menghimbau kepada masyarakat agar tetap di rumah. Namun jika ada

  • Polres Lambar Siapkan Diri Hadapi Virus Corona 

    INTAILAMPUNG.COM – Sebagai pelayan dan pelindung masyarakat Polres Lampung Barat memiliki kewajiban dalam mengarahkan masyarakat untuk mengantisipasi penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Lambar. Hal

  • Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Lambar Cek Tamu Yang Datang

    INTAILAMPUNG.COM – Kapolres Lampung Barat AKBP Rachmat Tri Haryadi,S.IK.,M.H. meminta jajarannya maupun masyarakat yang berkunjung ke Mako Polres Lampung Barat untuk melakukan sejumlah prosedur pengecekan

  • Kapolres Mesuji Berikan SIM Gratis Bagi Wartawan AJOI 

    INTAILAMPUNG.COM – Polres Mesuji melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas), memberikan hadiah pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara gratis kepada para wartawan yang tergabung di Aliansi

  • Satlantas Polres Mesuji Razia Gakum Tertib Lalin

    INTAILAMPUNG.COM – Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Mesuji lakukan razia beruntun dalam upaya penegakan hukum (gakum), tertib lalin. Kamis (27/02/2020). Kasat Lantas AKP Hadly Nasution, SH., mewakili Kapolres

  • IRT Bobol Rumah Bawa Uang Rp 37 Juta

    INTAILAMPUNG.COM – Anggota Polsek Terusan Nunyai menangkap pelaku pecurian dengan inisial MJ (36), IRT Alamat Dusun I Rt 02 Rw 03 Kampung Terbanggi Besar, Kecamatan