Lapor Pak Nanang Ermanto, Ada Proyek Siluman di SDN 5 Jatimulyo Jati Agung ?

SDN 5 Jatimulyo Jati Agung

Lampung Selatan, Intailampung.com-Proyek pembangunan SDN 5 Jatimulyo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, bak proyek siluman, karena diduga tidak memiliki plang papan proyek.

Pasalnya pembangunan anak sekolah dasar generasi penerus bangsa tersebut dibangun ‘megah’ tingkat dua.

Diduga menyalahi aturan sebab tidak memasang plang atau pamplet, pembangunan proyek. Padahal Sudah di jelaskan di UU No.14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Kewajiban memasang plang papan nama tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012.

Pentingnya informasi papan nama tersebut, di antaranya memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pengerjaan proyek. Dengan adanya plang papan nama proyek itu, masyarakat dapat mengawasi secara langsung pengerjaan proyek yang ada.

Setiap proyek yang mempergunakan keuangan negara dalam mengerjakan sebuah pembangunan harus transparan, perusahaan atau rekanan yang mengerjakan proyek tersebut, harus mematuhi kaidah-kaidah yang sudah ditentukan.

Ketika media Intailampung.com menjumpai beberapa warga, Setio menuturkan bahwa dirinya tidak tahu apa jenis proyek yang dibangun.

“Berapa anggaran dananya, dan dari mana sumber dananya, berapa lama pengerjaan proyek tersebut, disini ada dugaan terkesan menutup nutupi dari masyarakat setempat,” kata warga Jati Agung ini, Sabtu (7/9/2019).

Sayangnya  para pekerja tukang pun saat dijumpai menghindar untuk dilakukan konfirmasi terkait pembanguan SDN 5 Jatimulyo tersebut.

Hingga berita ini diturunkan Intailampung.com masih dalam tahap konfirmasi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan Burhanudin. (Rki)