Jadi Kebanggan, Abdul Basid : 2020 PLHT Akan Digunakan

Bandar Lampung, Intailampung.com-Pembangunan gedung pusat layanan haji dan umroh terpadu (PLHT) di Kementerian Agama Kota Bandar Lampung akan diresmikan oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU). Untuk diketahui pembangunan ini menjadi kebanggan bagi masyarakat Sai Bumi Ruwai Jurai.

Demikian disampaikan Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kota Bandar Lampung Mahmuddin Aris Rayuasman, melalui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Abdul Basid, Senin (4/11/2019).

Kata Abdul, pada tahun 2020 PLHT sudah bisa dipakai bagi masyarakat yang akan berangkat ke tanah suci.

Abdul menyebutkan, pembangunan PLHT secara nasional progres selesai nomor dua se Indonesia. Yang pertama adalah Pandegelang (Banten)

Menurut Abdul Haris pembangunan PLHT  se Indonesia ada 16. Dan untuk sumatera yang mendapatkan anggaran pembangunan dari pusat. Yakni Lampung dan Padang. Sisanya banyak di Jawa dan satu di Sulawesi Selatan.

“Syarat mendapatkan ini sesuai penilaian  Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) pendaptar haji sebanyak 3.000. Nah kita (Bandar Lampung) ini 5.000 pendaptar. Bahkan setiap bulan pendaptar bisa mencapai 500 pendaptar,” kata dia.

Kata dia, di gedung ini nantinya akan dibuka layanan yang meliputi layanan informasi, pendaftaran, pembayaran melalui bank yang ditunjuk, serta layanan bimbingan manasik haji dan umroh bagi masyarakat.

Ia menambahkan, Gedung Layanan ini merupakan inovasi dari Kementerian Agama RI yang dilaksanakan tahun ini. (Br)