Rakor Dan Evaluasi Kinerja Aparatur Desa Tanjung Baru, Ini Pesan Helmi Yusuf

INTAILAMPUNG.COMPemerintahan Desa Tanjung Baru, Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan menyelenggarakan rapat koordinasi (Rakor) dan evaluasi kinerja aparatur desa setempat. Kegiatan dilangsungkan di aula Kantor Desa Tanjung Baru, Rabu, (07/12/2022).

Rapat evaluasi kinerja ini dihadiri oleh Kepala Desa Tanjung Baru dan jajaran perangkat desa, Kepala Dusun dan Ketua RT se desa Tanjung Baru. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja Kadus, RT serta koordinasi dan kerjasama dalam turut membantu pelaksanaan fungsi penyelenggaraan pemerintahan desa.

Rapat membahas mengenai pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan masyarakat desa sekaligus meningkatkan kapasitas kinerja lembaga kemasyarakat desa dalam melaksanakan tugas yang terkait dengan tugas Kadus dan RT.

Rapat resmi di pimpin langsung oleh Kepala Desa Tanjung Baru, Helmi Yusuf, didampingi Sekretaris Desa, Nasir, dan Kasi Pemerintah, Sony Fauzi.

Baca Juga

Dalam arahanya, Helmi Yusuf mengharapkan peran aktif dari seluruh aparatur desa, tidak terkecuali Kadus dan RT.

Diakuinya, satu tahun masa kepemimpinanya masih banyak kekurangan yang harus dibenahi.

Karenanya, ia mengajak menciptakan koordinasi yang solid dan kompak dalam menjalankan tugas. Sebab, kata Helmi, lancarnya komunikasi antar lembaga kemasyarakatan di Desa juga sangat menunjang terwujudnya desa yang lebih baik.

“Harus bersinergi antar aparatur desa dan saling membantu untuk kemajuan desa. Jadikan juga ini sebagai ajang untuk membangun silaturahmi, komunikasi, serta meningkatkan rasa kebersamaan dan saling memiliki,” kata dia.

Dalam rapat, Helmi menekankan beberapa persoalan yang harus terus ditingkatkan. Selain beberapa program yang akan dilaksanakan, diantaranya mengenai pendataan penduduk dan rumah, penamaan jalan dan gang, pelaporan aset yang belum rampung, penertiban PBB, pengelolaan sampah, dan pelaksanaan program Tanjung Baru Bersama.

  Kadisdik Lamsel Besut Dua Program Unggulan Sekolah

Secara tegas, Helmi meminta seluruh perangkat desa untuk siap, agar seluruh program dapat terealisasi dengan baik.

“Pelayanan masyarakat juga harus kita tingkatkan, untuk menyokong program Tanjung Baru Bersama giat gotong royong dan ronda malam tidak harus menunggu perintah desa, musdus juga tolong diagendakan setiap dua bulan sekali,” tegasnya.

“Saya minta kepada 33 Ketua RT dan 12 Kadus untuk siap menjalankannya, ke depan kita akan mulai pengelolaan sampah dan penertiban GSB, untuk menciptakan lingkungan desa Tanjung Baru yang bersih, asri, dan rapi,” timpalnya.

Ia menargetkan untuk pendataan penduduk, rumah, nama jalan/gang dapat diselesaikan sebelum akhir tahun. Selain itu pendataan aset yang belum selesai untuk segera didata dan dilaporkan ke desa.

“Tolong diselesaikan, kita targetkan paling lambat 20 Desember 2022 harus rampung,” pungkasnya.

Tidak kalah penting, Helmi menginstruksikan Kadus untuk membentuk tim pengangkut sampah di tiap RT, agar sampah tidak sampai menggangu pemandangan dan menimbulkan bau.

“Pengelolaan sampah kita targetkan Januari mulai berjalan, jadi tolong segera dibentuk tim yang akan mengangkut sampah ke TPA, nanti kita buatkan Perdes,” ucapnya.

Pantauan dilokasi, meski banyak pembahasan, Rapat yang dimulai sejak pukul 13:00 WIB hingga Pukul 15:30 WIB itu berlangsung santai, bahkan sesekali diisi dengan candaan yang mengundang tawa peserta rapat. Rapat juga diisi dengan sesi tanya jawab dipenghujung acara.(*)

Laporan: Rahmat Adi W
Editor: Ibrahim Hayat

LAINNYA