Kepsek SMK Budi Karya: Hindari Penggunaan Narkoba, Seluruh Siswa SMK Dilarang Merokok dan Bertanggung Jawab Dengan Anak Didik

INTAILAMPUNG.COM – Ramainya pemberitaan terkait SMK Budi Karya, Natar, Lampung Selatan yang ketahuan merokok. Membuat pihak sekolah angkat bicara dan bersikap tegas terhadap larangan tersebut.

Kepala Sekolah SMK Budi Karya, Natar, Lampung Selatan Taufik Hidayat, ST mengatakan, pihak sekolah bertanggungjawab penuh terhadap perilaku anak didik yang sedang menempuh pendidikan disekolah.

“Kami tidak segan untuk menegur anak yang merokok. Kita harus hati- hati, karena merokok itu bisa menjadi pintu masuk bagi pengguna narkoba,” demikian kata Taufik dalam siaran pers yang diterima redaksi Intailampung.com, menyikapi pemberitaan yang beredar di media elektronik terkait sikap pihak sekolah terhadap anak yang ketahuan merokok, Minggu (15/01/2023).

Lanjut Taufik, masa depan para siswa- siswa yang sekolah di SMK Budi Karya, ialah merupakan tanggungjawab pihak sekolah untuk mendidik bukan hanya terkait nilai akademiknya saja tetapi juga mendidik etika kedisiplinannya.

Baca Juga

“Pembinaan perilaku etika siswa dilingkungan sekolah menjadi tanggungjawab bersama baik pihak sekolah maupun keluarga serta lingkungan,” ujarnya.

Taufik membantah, adanya insiden pemukulan, itu tidak benar, adanya pemukulan terhadap siswa disekolah tetapi sikap tegas diperlukan dalam konteks mendidik demi anak anak agar dapat meraih cita citanya selepas lulus dari sekolah nanti.

“Kami butuh dukungan semua pihak untuk mendidik anak anak sekolah terkhusus orangtua wali murid yang mempercayakan anaknya sekolah disini,” terangnya.

Selain itu, dia menyampaikan dalam pemberitaan yang beredar telah terjadi kesalahpahaman terkait ketegasan sekolah kepada anak yang ketahuan merokok disekolah.

“Kami telah bertemu dengan pihak orangtua, dan kami bersama sama sepakat untuk mengawasi semua siswa agar tidak boleh merokok demi masa depan mereka sendiri,” demikian kata Taufik. (Rls)

LAINNYA