Dugaan Dana PIP SMKN 9 Dikondisikan, Gubenur Arinal Dukung Polisi Usut

Bandar Lampung,Intailampung.com-Gubenur Lampung Arinal Djunaidi angkat bicara  terkait masih banyak persoalan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Yang terbaru adanya penarikan dana bantuan Program Indonesia pintar (PIP) bagi siswa di SMKN 9 Bandar Lampung yang di pimpin Kepala SMKN 9 Bandar Lampung Suniyar.

“Maaf pak saya banyak urus silahkan saja bapak ke ke kadis pendidikan (Sulpakar) untuk anda maklum,” kata Gubenur Lamoung Arinal Djunaidi saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp pribadi.

Bahkan Gubenur juga mendukung masyarakat untuk melaporkannya ke penegak hukum Polisi memang terjadi ada penyimpangan.

“Atau anda membuat laporan ke polisi yang anda tanggungjawab,” tambah dia.

Baca Juga

Sebelumnya Ketua Gamapela Tonny Bakri  menyayangkan tindakan yang dilakukan kepala sekolah tersebut mengkordinir bantuan PIP.

Mala dari itu, ia menduga surat edaran dan pernyataan tersebut mengindikasikan ada dugaan penyalahgunaan jabatan yang telah dilakukan kepala sekolah.
“Kok bisa-bisanya kepala sekolah membuat edaran dan meminta para siswa penerima bantuan PIP membuat pernyataan yang meminta kepala sekolah mengambil dan menerima dana bantuan yang seharusnya ditujukan langsung kepada siswa, dan bukan dialihkan  ke rekening atas nama kepala sekolah,” tegas Tonny, Rabu 22 Desember 2021
Berdasarkan dokumen yang diterima Gamapela, Kata Tonny pihaknya mendapati sejumlah berkas surat kuasa penerimaan dana bantuan antara siswa penerima bantuan PIP dan kepala sekolah.

Menurut Tonny  di dalam pernyataan dinyatakan kepala sekolah Suniyar selaku pihak kedua diberikan kuasa oleh siswa untuk penandatangan slip penarikan pengambilan uang secara tunai dan membukukannya ke rekening pribadi kepala sekolah.

“Ini kan jelas janggal, kenapa harus ada surat kuasa dan uang masuk rekening pribadi. Ini jelas melanggar aturan,” ungkap Tonny.
Sementara Kepala Sekolah Suniyar yang dikonfirmasi mengatakan pihaknya membenarkan telah menerima kuasa dari sejumlah murid untuk menerima pencairan dana bantuan PIP. Namun hal itu tanpa  paksaan
“Kalau paksaan itu tidak ada, karena saya banyak kerjaan. Memang ada sebagian yang mengkuasakan kepada saya karena kalau semua ke bank ribet,” tegas Suniyar saat dikonfirmasi melalui telpon, Rabu 22 Desember 2021.

LAINNYA