Asisten I Provinsi Lampung Wakili Gubernur Lakukan Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi

Lampung Utara, INTAILAMPUNG.COM – Bupati Lampung Utara diwakili Pelaksana Harian (Plh) Asisten II Drs. Hi. Syahrizal, MM bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara, Hj. Endah Kartika Prajawati Agung, S.STP.,M.H., menyambut Tim Penilai dari Provinsi Lampung dalam acara Lomba Desa dan Badan Usaha Milik Desa Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018, yang digelar dilokasi taman Wisata Tirta Sinta Desa Wonomarto Kecamatan Kotabumi Utara. Rabu (8/8/2018).

Gubernur Lampung yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra sekaligus Ketua Tim Penilai, Drs. Heri Suliyanto, M.M, Mitra Desa dari Universitas Bandar Lampung (UBL), Iwan Piurwanto, S.Kom,MTI.MOS, dari Universitas Lampung (UNILA) selaku Tim Rektor Bidang Eksternal dan Ahli Gubernur Bidang Komunikasi, Diah Sumardiani, S.Ss, Anggota DPRD serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten setempat beserta para Camat se-Kabupaten beserta, para Kader TP-PKK se-Kabupaten Lampura.

Dalam sambutannya, Gubernur Lampung diwakili Asisten I, selain menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Desa Wonomarto atas penyambutan yang sangta hangat, beliau juga mengatakan pembangunan dengan memberikan kepercayaan yang besar kepada masyarakat untuk dapat berpartisipasi secara langsung dalam seriap proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan memberikan efek gunda sekaligus menempatkan masyarakat selaku subjek pembangunan. Sedangkan, peran kepala desa dalam mendorong peran serta dan partisipasi masyarakat sangat menentukan keberhasilan penyelenggaraan Pemerintaan, pembangunan dan pembinaan yang dilaksanakan di Desa.

danldquo;Salah satu tahapan dalam rangka evaluasi adalah acara perlombaan Desa ini. Perlombaan desa ini meliputi tiga bidang penilaian yaitu bidang Pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan desa dengan 69 indikator penilaian. Sedangkan, kegiatan lomba desa merupakan kegiatan yang bermanfaat sebagai tolak ukur dalam melihata efektifitas dalam membangun desa melalui pemberdayaan masyarakat,danrdquo;ujar dia.

  Liburan Keluarga di Singapura

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Lampura yang diwakili Plh Asisten II menyampaikan ucapan terima kasihdannbsp; dan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Desa dan BUMDes Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018. danldquo;Mudah-mudahan dapat semakin menambah motivasi kami dalam membangun Desa di Kabupaten Lampung Utaramenjadi semakin maju, makmur dan sejahtera.danrdquo; Katanya.

Dijelaskannya, bahwa Desa harus dipandang sebagai wilayah yang potensial dalam pembangunan ekonomi, karena Desa sebagai sentra lumbung pangan, desa sebagai daerah tujuan wisata dan sebagai sentra home industri, desa sebagai pemasok sumberdaya manusia terlatih, serta desa sebagai penyangga bagi perekonomian diperkotaan.

Selain itu, Asisten II juga mengungkapkan desa yang maju dapat dimaknai sebagai transformasi atau perubahan menuju kehidupan dan penghidupan desa yang lebih baik. Dan desa Wonomarto ini adalah salah satu desa dari 8 desa yang ada di Kecamatan Kotabumi Utara, yang meliki potensi yang unggul sehingga berdasarkan penilaian dari Pemerintah Kabupaten Lampura Desa Wonomarto ini terpilih sebagai desa yang mewakili Kabupaten Lampung Utara dalam perlombaan desa dan BUMDes Tingkat Provinsi Lampung Utara Tahun 2018.

danldquo;Dengan berbagai keungulan dan potensi yang saya sebutkan tadi, saya yakin dan optimis bahwa Desa Wonomarto ini layak menjadi juara pertama Lomba Desa dan BUMDes Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018,danrdquo; pungkasnya. (Sab/Intai).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *