Disdikbud Pesawaran Geram, Ernalina Tilep Dana PIP

Kepala Sekolah SDN 8 Negeri Katon Ernalina

PESAWARAN, INTAILAMPUNG.COM – Dinas pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesawaran akhirnya geram dan mempercepat pemangilan terhadap Kepala Sekolah SD 8 Negri Katon Ernalina, terkait penyimpangan dana Progam Indonesia Pintar (PIP) yang keluar setelah didemo puluhan wali murid yang mendapatkan PIP.

Hal ini diungkapkam Sekertaris Dinas Pendidikan (Disdikbud) Kabupaten Pesawaran, Yahtar melalui sambungan telepon selulernya. Rabu (3/10/2018).

“Tim kami sudah turun kelapangan, dan memang benar dana itu dibagi oleh kepala SDN 8 Negeri Katon, Ernalina, setelah wali murid melakukan aksi demo,”ungkapnya

Lanjut Yahtar mengatakan, Disdik sudah meluncurkan surat untuk pemangilan Ernalina terhadap Insfektorat agar segera melanjutkan permasalahan tersebut.

“Kita serahkan permasalahan ini kepada Inspektorat untuk tindak lanjutnya,” tutupnya.

Sementara Insfektur Insfektorat Kabupaten Pesawaran Chabrasman akan segera memanggil Kepala SDN 8 Negeri Katon Ernalina atas dugaan kasus penyimpangan dana Program Indonesia Pintar (PIP) secepatnya.

Bukan itu saja, apabila permasalahan itu terbukti akan dilanjuti ke penegak hukum.

“Kita sudah terima surat permohonan dari Dinas Pendidikan, untuk menindaklanjuti kasus dugaan penyimpangan dana PIP yang tetjadi di SDN 8 Negeri Katon,” Hal ini diungkapkan Inspektur Inspektorat kabupaten setempat Chabrasman, saat dihubungi melalui sambungan telepon selulernya.

“Surat permohonan sudah kita terima, tinggal menunggu Surat Perintah Tugas (SPT) untuk turun kebawah saja,” timpalnya.

Sebelumnya diberitakan, Banyak kepala sekolah (Kepsek) masuk bui karena bermain-main dengan anggaran dana sekolah yang diguyur pemerintah. Di Kabupaten Pesawaran, indikasi permainan anggaran sekolah juga terjadi di Sekolah Dasar (SD) 8 Negri Katon.

Rumornya, Kepsek danlsquo;mengolahdanrsquo; uang Progam Indonesia Pintar (PIP) yang sedianya diguyur Pemerintah Pusat untuk siswa tidak mampu (miskin).

Kordinator Kecamatan (Korcam) Pendidikan Negeri Katon, Rismalena, mengaku tak mengetahui soal itu. Namun dia sudah mendapat laporan terkait ketidakpuasan walimurid atas dana PIP yang tidak diberikan.

  Ketua Komisi IV DPRD Pesawaran Harto Susanto Minta Disdikbud Copot Kepsek Bermasalah

danldquo;Pengawas Korwil 1 memberitahukan kepada saya adanya demo yang dilakukan oleh wali murid SDN 8 Negeri Katon terkait masalah PIP yang tidak diberikan oleh Kepala Sekolah Ernalina,danrdquo; jelasnya.

Rismalena sendiri mengaku sudah mencoba menghubungi Ernalina untuk meminta keterangan klarifikasi.

danldquo;Tapi beliau ini tidak pernah datang ke kantor Korcam. Jadi bagaimana kita ingin menanyakan masalah itu kalau orangnya tidak pernah mau datang,danrdquo; katanya.

Rismalena menjelaskan, besaran dana yang harusnya diterima murid untuk kelas 4, 5 dan 6 sejumlah kurang lebih sekitar Rp456 ribu sedangkan untuk kelas 1, 2 dan 3 mendapatkan Rp225 ribu.

danldquo;Jumlah murid yang mendapatkan PIP tersebut kurang lebih sekitar 200 murid. Saya kurang tau pasti ya, karena saya belum ketemu langsung dengan kepala sekolahnya,danrdquo; jelasnya.

danldquo;Yang jadi pikiran saya ini, bagaimana mereka bisa mencairkan dana tersebut sedangkan dana tersebut ditransfer melalui rekening wali murid. Pihak sekolah ini hanya memberitahukan kepada walimurid kalau dana itu sudah cair,danrdquo; tutupnya.

Sementara menurut salah satu wali murid, pada tahun 2018 ini sekolah baru memberikan satu kali PIP terhadap siswa tidak mampu yang ada di sekolah tersebut.

danldquo;Selama dia menjabat sebagai kepala sekolah selama dua tahun ini, baru satu kali ini dibagikan PIP ini kepada kami,danrdquo; ungkap walimurid ini seraya mewanti namanya tidak dikorankan, Senin (1/10).

Kata dia, selama ini, kucuran dana PIP sangat ditunggu oleh wali murid.

danldquo;Keluarnya PIP ini juga setelah walimurid yang anaknya mendapatkan bantuan tersebut, mengadakan demo menanyakan tentang kemana bantuan tersebut,danrdquo; katanya

Sementara,dannbsp;Kepala Sekolah SDN 8 Negeri Katon Ernalina mengatakan kalau permasalah tersebut telah dianggap selesai. danldquo;Jadi masalah itu sudah kelar Mas,danrdquo; singkatnya saat dikonfirmasi via ponselnya. (Al/Intai).

Baca Juga

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *